ANALISIS SENTIMEN APLIKASI SHOPEE, TOKOPEDIA, LAZADA DAN BLIBLI MENGGUNAKAN LEKSIKON DAN RANDOM FOREST
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5155Abstract Views: 1528 File Views: 1305
Abstract
Abstrak. Dalam era digital, aplikasi e-commerce telah menjadi sarana utama bagi masyarakat untuk berbelanja. Keberhasilan aplikasi e-commerce tidak hanya bergantung pada fungsionalitasnya tetapi juga pada pengalaman pengguna. Ulasan pengguna di Play Store menjadi indikator penting dalam mengevaluasi kepuasan dan sentimen pengguna terhadap aplikasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pada ulasan aplikasi Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli di Play Store menggunakan pendekatan Lexicon-based dan algoritma Random Forest. Metode ini dipilih untuk memberikan interpretasi yang jelas terhadap sentimen teks dan meningkatkan akurasi analisis sentimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Lazada memiliki kinerja terbaik dengan akurasi 88,33%, presisi 88,88%, recall 88,33%, dan F1 score 88,34%. Aplikasi Blibli berada di posisi kedua dengan akurasi 85,66%, presisi 85,82%, recall 85,66%, dan F1 score 85,60%. Shopee memiliki akurasi 85,16%, presisi 85,62%, recall 85,16%, dan F1 score 85,26%. Tokopedia menunjukkan performa terendah dengan akurasi 80,33%, presisi 80,96%, recall 80,33%, dan F1 score 80,12%. Penelitian ini menunjukkan bahwa rasio pembagian data latih dan data uji mempengaruhi kinerja model, dengan model bekerja lebih efektif ketika jumlah data latih lebih besar dari data uji.
Downloads
References
M. Azizah and M. Aswad, “Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar,” Jurnal Cendekia Ilmiah, vol. 1, no. 4, 2022.
A. Asyifah, A. Syafi’i, Hanipah, and S. Ispiyani, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN ONLINE,” Action Research Literate, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2023.
D. Witro, M. Izazi Nurjaman, D. Ayu, and C. Sofwan Al-Rasyid, “Kontestasi Marketplace di Indonesia pada Era Pandemi: Analisis Strategi Promosi Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli dalam Pemulihan Ekonomi Nasional,” Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah, vol. 2, no. 2, pp. 33–42, 2021.
A. E. Saragih, M. F. Bagaskara, and Mulyadi, “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE,” Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, vol. 2, no. 2, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id
R. A. Simbolon, R. Aryansyah, and Nurbaiti, “Pengaruh analisis swot dalam e-business (studi kasus e-business shopee di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara,” Insight Management Journal, vol. 2, no. 2, pp. 54–61, 2022.
Mardiana, “PERGESERAN INVESTASI PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI JEPANG DI E-COMMERCE INDONESIA (2013-2019),” 2022.
D. A. C. R. Devi and N. L. P. Indiani, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA LAZADA DI ERA COVID-19,” Jurnal Ekonomi Syariah, vol. 6, no. 1, pp. 53–67, 2023.
A. Hadidu, E. Horas, and S. Ypup, “Analysis Of The Influence Of Service Quality And Brand Reputation On Purchase Intentions Of Blibli.Com Customers Analisis Pengaruh Service Quality Dan Reputasi Merek Terhadap Purchase Intention Pelanggan Blibli.Com,” 2022. [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
M. Adhitya Wardhana, Y. Mustaqim, and N. A. Firmansyah, “ANALISIS MANAJEMEN KETEPATAN WAKTU(JIT), KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK, TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ELEKTRONIK DI PADA E-COMMERCE BLIBLI,” 2023.
F. Khoirunnisa and S. Topiq, “ANALISIS SENTIMEN TERHDAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA PROSES PENEGAK HUKUM DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4683.
I. Zulfahmi, J. Williem Iskandar, P. V Medan, S. Tuan, and D. Serdang, “Analisis Sentimen Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode Decission Tree,” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), vol. 3, no. 1, pp. 11–21, 2024, doi: 10.55606/juprit.v3i1.3096.
M. Iqbal Ahmadi et al., “SENTIMENT ANALYSIS ONLINE SHOP ON THE PLAY STORE USING METHOD SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM),” Seminar Nasional Informatika, 2020.
M. Afdal and L. Waroka, “Shopee Application Review Classification Using Probabilistic Neural Network Algorithm And K-Nearest Neighbor,” Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering, vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2022.
F. A. Khatami, B. Irawan, and C. Setianingsih, “ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW APLIKASI LAYANAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK,” e-Proceeding of Engineering, vol. 7, no. 2, pp. 4559–4566, Aug. 2020.
S. W. Iriananda, R. P. Putra, and K. S. Nugroho, “ANALISIS SENTIMEN DAN ANALISIS DATA EKSPLORATIF ULASAN APLIKASI MARKETPLACE GOOGLE PLAYSTORE,” 2021.
S. A. H. Bahtiar, C. K. Dewa, and A. Luthfi, “Comparison of Naïve Bayes and Logistic Regression in Sentiment Analysis on Marketplace Reviews Using Rating-Based Labeling,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 5, no. 3, pp. 915–927, Aug. 2023, doi: 10.51519/journalisi.v5i3.539.
N. C. Agustina, D. Herlina Citra, W. Purnama, C. Nisa, and A. Rozi Kurnia, “The Implementation of Naïve Bayes Algorithm for Sentiment Analysis of Shopee Reviews on Google Play Store,” MALCOM : Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 2, no. 1, pp. 47–54, Apr. 2022.
F. Amaliah, I. Kadek, and D. Nuryana, “Perbandingan Akurasi Metode Lexicon Based Dan Naive Bayes Classifier Pada Analisis Sentimen Pendapat Masyarakat Terhadap Aplikasi Investasi Pada Media Twitter,” Journal of Informatics and Computer Science, vol. 03, 2022.
M. R. A. Giffari, “ANALISIS SENTIMEN BERBASIS ASPEK PADA ULASAN APLIKASI TANGERANG LIVE MENGGUNAKAN LATENT DIRICHLET ALLOCATION DAN NAÏVE BAYES,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022. Accessed: Jan. 12, 2024. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65391
A. Khairunnisa, “PERBANDINGAN MODEL RANDOM FOREST DAN XGBOOST UNTUK PREDIKSI KEJAHATAN KESUSILAAN DI PROVINSI JAWA BARAT,” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 7, no. 2, p. 202, Sep. 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i2.799.
Chen et al., “Pre-evacuation Time Estimation Based Emergency Evacuation Simulation in Urban Residential Communities,” Int J Environ Res Public Health, vol. 16, p. 4599, Jul. 2019, doi: 10.3390/ijerph16234599.
A. Tri Rizkya, Rianto, and A. Irham Gufroni, “Implementation of the Naive Bayes Classifier for Sentiment Analysis of Shopee E-Commerce Application Review Data on the Google Play Store,” 2023.



