RANCANG BANGUN SISTEM PENGEREMAN LISTRIK METODE PLUGGING PADA SEPEDA LISTRIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.5104Abstract Views: 392 File Views: 412
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pengaturan arah putar motor BLDC menggunakan mikrokontroler Arduino, yang diharapkan mampu memberikan kendali presisi terhadap motor BLDC baik dalam aplikasi pergerakan normal maupun dalam situasi pengereman darurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi beberapa tahap: persiapan alat dan komponen, pembelajaran cara kerja dan fungsi masing-masing komponen, perancangan sistem mekanik dan pembuatan program untuk alat, serta pengujian alat yang melibatkan sepeda listrik sebagai objek uji. Pengumpulan dan pengolahan data dilakukan setelah pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengereman plugging yang dirancang menggunakan Arduino Uno dan driver motor H-Bridge mampu mengurangi kecepatan sepeda listrik secara efektif, dengan jarak pengereman bervariasi antara 80 cm hingga 135 cm tergantung pada kecepatan awal sepeda listrik. Misalnya, pada kecepatan 10 km/jam diperlukan jarak 80 cm untuk berhenti total, sementara pada kecepatan 50 km/jam diperlukan jarak 135 cm. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi motor BLDC dan aplikasi pengereman elektrik, menawarkan solusi berkelanjutan dan aman untuk mobilitas dan otomasi di berbagai sektor industri. Sistem yang dirancang juga menunjukkan potensi untuk mengurangi konsumsi energi dan memperpanjang umur sistem motor BLDCDownloads
References
A. I. Nur dan A. D. Kurniawan, “Proyeksi Masa Depan Kendaraan Listrik di Indonesia: Analisis Perspektif Regulasi dan Pengendalian Dampak Perubahan Iklim yang Berkelanjutan,” J. Huk. Lingkung. Indones., vol. 7, no. 2, hlm. 197–220, Sep 2021, doi: 10.38011/jhli.v7i2.260.
I. G. E. Lesmana dan T. H. Anugerah, “Analisis Pengaruh Sistem Rem Mobil Grandmax Pick Up Type S402RP Terhadap Nilai Efisiensi Rem Pada Alat Uji Rem Iyasaka,” Pros. Semin. Nas. Pakar, Apr 2019, doi: 10.25105/pakar.v0i0.4165.
I. Ilham, “Analisa Kualitas Kampas Rem Cakram Antara Original Dengan Yang Bukan Original Pada Mobil,” other, Universitas Hasanuddin, Makasar, 2021. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/4172/
A. Nasution, “Analisis Pengaruh Jatuh Tegangan pada Saat Pengereman terhadap Temperatur Motor Induksi tiga Phasa,” Thesis, Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara, 2016. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/83750
Lamhot, “Analisis Motor Induksi Satu Phasa Kapasitor Start Dengan Teori Medan Putar Ganda (Aplikasi pada Laboratorium Teknik Elektro Growth Centre),” Thesis, Universitas Medan Area, Medan, 2011. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13777
M. Muhaimin dan Z. Zamzami, “Perancangan Pengereman Dinamik pada Motor Induksi 3 Fasa dengan Menggunakan Programmable Logic Controller ( PLC ),” Pros. Semin. Nas. Politek. Negeri Lhokseumawe, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, 2018, Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/view/759
I. Burhanudin dan S. I. Haryudo, “Pengereman Elektrik Dengan Membalikkan Arah Putar Menggunakan Zero Speed Switch Sebagai Pengendali,” J. Tek. ELEKTRO, vol. 9, no. 1, 2020, doi: 10.26740/jte.v9n1.p%p.
A. T. Wahyudi, “Desain dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor BLDC menggunakan Metode Fuzzy,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2018. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.its.ac.id/52418/
L. Rahmadhani, “Rancang Bangun Sistem Pendingin pada Motor Induksi 1 fasa menggunakan kipas PWM berbasis Fuzzy Logic,” other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2023. doi: 10/10_Daftar%20Pustaka.pdf.
A. Ripaldo, Y. Hasan, dan J. A. Rasyid, “Implementasi DOF (Degree Of Freedom) Pada Pergerakan Motor Stepper Smart Inventory 3 Axis,” J. Ampere, vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Des 2023, doi: 10.31851/ampere.v8i2.12802.
A. Susanto dan E. K. Putro, “Interaksi Pengendara dan Pengguna Jalan pada Keselamatan Pekerja di Area Industri Pengolahan Bijih Mineral,” J. Keselam. Kesehat. Kerja Dan Lingkung., vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Apr 2024, doi: 10.25077/jk3l.5.1.48-57.2024.
O. Rahmawan dan D. A. Prasetya, “Gateway Lora-Mqtt Untuk Transmisi Data Monitoring Mobil Listrik ECRC UMS,” s1, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2023. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://eprints.ums.ac.id/114813/
A. D. Pradana dan W. Winarso, “Analisis Perbandingan Waktu Pengereman Motor Induksi 3 Fasa Dengan Pengereman Zero Sequence Braking Dan Plugging,” J. Ris. Rekayasa Elektro, vol. 5, no. 1, hlm. 15, Jun 2023, doi: 10.30595/jrre.v5i1.12901.
A. Hardito, L. E. Nuryanto, M. Khambali, dan E. Triyani, “Efek Pengereman Dinamis Terhadap Kecepatan Motor Tiga Fasa,” Orbith Maj. Ilm. Pengemb. Rekayasa Dan Sos., vol. 18, no. 1, Art. no. 1, Apr 2022, doi: 10.32497/orbith.v18i1.3562.
M. Rais dan R. W. Drestanto, “Imco: Rancang Bangun Sistem Kendali Kecepatan Putar Motor Bldc Untuk Kendaraan Motor Listrik,” Universitas Islam Indonesia, Jakarta, 2022. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40338
Z. P. E. Dwiyando, “Perancangan Hardware Kendali Motor BLDC Untuk Pengereman Regeneratif,” other, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Semarang, 2020. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.unika.ac.id/25343/
N. Ahmad, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Stem Berbantuan Arduino Uno Pada Materi Induksi Magnet Bermuatan Keterampilan Proses Sains,” diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, Lampung, 2024. Diakses: 29 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.radenintan.ac.id/33526/



