TROUBLESHOOOTING FUEL CENTER WING AIRBUS 321-211 DI PT.GMF AEROASIA TBK
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.5043Abstract Views: 276 File Views: 307 File Views: 0
Abstract
Pada saat dilakukan inspeksi rutin pada maintenance C-check pesawat Airbus A321-211, terindikasi adanya kebocoran bahan bakar pada tangki bahan bakar tengah (center fuel tank). Langkah pertama yang dilakukan adalah identifikasi kemungkinan penyebab masalah kebocoran tersebut berdasarkan TSM 28-13-00-810-801-A. Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih detail letak kebocoran. Kerusakan pada sealant dicurigai sebagai penyebab utama. Untuk memastikan hal tersebut, dilakukan pembukaan akses tangki bahan bakar tengah bagian kanan dan inspeksi pada struktur dalam tangki sesuai dengan SRM 51-76-12. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu melibatkan inspeksi visual dan pengujian sealant setelah perbaikan. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan struktur dan sealant adalah hal yang harus dilakukan untuk menemukan penyebab kebocoran fuel. Jika struktur dalam keadaan baik, maka sealant yang rusak akan diganti. Setelah melakukan perbaikan pada sealant center fuel wing, seluruh bahan bakar pada tangki sayap kemudian dialihkan ke tangki tengah untuk memastikan sealant dalam keadaan kering dan baik sehingga kebocoran tidak terjadi. Tangki bahan bakar tengah merupakan bagian penting untuk menampung bahan bakar pesawat. Kebocoran pada tangki ini dapat mengakibatkan berkurangnya jumlah bahan bakar yang tersedia.Downloads
References
F. Heilemann, Alireza Dadashi, and Kai Wicke, “Eeloscope — Towards a Novel Endoscopic System Enabling,” pp. 1–26, 2021.
W. A. Khan, S.-H. Chung, H.-L. Ma, S. Q. Liu, and C. Y. Chan, “A novel self-organizing constructive neural network for estimating aircraft trip fuel consumption,” Transp. Res. Part E Logist. Transp. Rev., vol. 132, pp. 72–96, 2019, doi:
https://doi.org/10.1016/j.tre.2019.10.005.
G. Wu et al., “Experimental and numerical simulation study on polyurea-coated fuel tank subjected to combined action of blast shock waves and fragments,” Thin-Walled Struct., vol. 169, p. 108436, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.tws.2021.108436.
J. Wang, M. Wang, X. Yu, R. Zong, and S. Lu, “Experimental and numerical study of the fire behavior of a tank with oil leaking and burning,” Process Saf. Environ. Prot., vol. 159, pp. 1203–1214, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.psep.2022.01.047.
H.-G. Kim and S. C. Kim, “A numerical study on the influence of the amount of internal fuel in a bird strike test for the external auxiliary fuel tank of rotorcraft,” Int. J. Crashworthiness, vol. 24, no. 2, pp. 137–151, 2019, doi: 10.1080/13588265.2017.1410339.
DGCA, “Republic of Indonesia Ministry of Transportation Civil Aviation Safety Regulation ( Casr ),” Certification and Operating Requirements: Domestic, Flag, and Supplemental Air Carriers, vol. Amdt 12, no. 14 Agustus 2017. p. 263, 2017.
Airbus, “Pesawat A321ceo,” 2024. https://aircraft.airbus.com/en/aircraft/a320-the-most-successful-aircraft-family-ever/a321ceo#details
D. Crane, Aviation Maintenanace Technicial Series - Powerplant. 2018.
A. Industrie, “Fuel System,” 1999. https://www.scribd.com/embeds/234568911/content?start_page=1&view_mode=scroll&access_key=key-fFexxf7r1bzEfWu3HKwf
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabata, CV, 2013.
Airbus, “Removal of Access Cover 147AZ (148AZ),” 2023.
Airbus, “Repair of Fuel Tank Sealing,” 2023.
Airbus, “57-17-11-400-001-A - Installation of Access Cover 147AZ (148AZ),” 2023.