RANCANG BANGUN APLIKASI DONOR DARAH DARURAT DONORA BERBASIS ANDROID DENGAN KONSEP GAMIFIKASI MENGGUNAKAN KOTLIN

Authors

  • Daud AryaRafa UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Eka Dyar Wahyuni
  • Amalia Anjani Arifiyanti

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.5025

Abstract Views: 855 File Views: 735

Abstract

Dalam menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat terkait keterbatasan pasokan darah darurat, Donora hadir sebagai solusi profesional dan inovatif. Kami mengakui adanya kesulitan yang sering dihadapi oleh masyarakat saat mereka membutuhkan darah darurat dalam situasi darurat seperti kecelakaan atau setelah menjalani operasi besar,salah satu masalah utama yang kami identifikasi adalah kelangkaan stok darah di rumah sakit dan unit transfusi darahAgile Scrum adalah salah satu metode pengembangan produk yang terintegrasi dan berkelanjutan dalam menyelesaikan proyek secara bertahap. Kelebihan utama dari metode ini adalah memungkinkan dengan cepat menyesuaikan dengan perubahan yang mungkin terjadi selama pengembangan produk Ada lima prinsip dari metode pengembangan Agile, yaitu customer involvement, incremental delivery, people not process, embrace change, dan maintain simplicity kami melakukan analisis pesaing untuk menganalisis berbagai fitur yang dapat dikembangkan dalam aplikasi Donora sebagai solusi masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Dengan melibatkan tim pengembang dan stakeholders, kami menentukan prioritas fitur yang paling penting , memastikan fokus pengembangan pada solusi yang paling efektif danbermanfaat bagi pengguna Donora.Setelah berdiskusi , kami pun membuat product backlog dan menentukan prioritas tiap backlogDalam pengembangan aplikasi donor ini kami menggunakan agile scrum.pada pengembangan mobile apps berbasis android  ini kami menggunakan Bahasa pemrograma kotlin. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abid Taufiqur Rohman, Galuh Sischa Panglipury, “Implementasi Metode Sdlc Dalam Transformasi Desa Melalui Inovasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android,” JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan),Vol. 12 No. 1, pISSN: 2303-0577 eISSN: 2830-7062.

Grasias, N., & Suprihadi, S. (2022). Perancangan REST Web Service Untuk Pengembangan Sistem Pengajuan Simpan Pinjam PT. XYZ. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 8, 72–86.

Putra, B. F. T. A. Y. H. G. (2018). Pemodelan Use Case Diagram Sistem Informasi Inventaris Laboratorium Teknik Mesin. Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 2018: Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK), 626–631.

Rama Febrianto, A., Wulansari, A., & Latipah, L. (2020). Pengembangan Sistem Pengelolaan dan Pemantauan Proyek dengan Metode Agile Pola Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2), 206–221.

Yaqin, C. N. P. M. R. Y. M. F. M. A. (2022). Analisis dan Perancangan Software Pengukuran Metrik Skala dan Kompleksitas Diagram Class. Journal Automation Computer Information System (JACIS), Vol. 2 No. 1 (2022): Mei, 58–65.

R. Suharno, N. Gunantara, and M. Sudarma, “Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 19, no. 2, p. 203, Dec. 2020.

A. T. Rohman and M. A. Romli, “Innovations

in Interior Room Design using Markerless

Augmented Reality Mobile-based

Simultaneous Localization and Mapping

Algorithm,” Int. J. Comput. Appl., vol. 185, no.

, pp. 18–25, 2023

Septiani, N. (2023, June). Sistem Informasi Donor Darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Berbasis Web. In Prosiding Seminar Nasional penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 21-25).

Irawan, A. R., Sholva, Y., & Tursina, T. Sistem Informasi Manajemen Permintaan dan Stok Darah (Studi Kasus PMI Kota Pontianak). JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 10(4), 411-417.

Burrakhman, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2017). Rancang Bangun Febriani, A., Melyanti, R., & Syahputra, R. W. (2020). Sistem informasi donor darah berbasis android pada unit transfusi darah palang merah indonesia (utd pmi) kota pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 11-19.

Asgar, H., & Hartono, B. (2022). Rancang Bangun Rest Api Aplikasi Weshare Sebagai Upaya Mempermudah Pelayanan Donasi Kemanusiaan. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), 4(1), 8-14.

Firdaus, A., & Prabowo, D. (2022). Aplikasi Pencari Tempat Magang Berbasis Android Menggunakan Metode Agile Scrum. Jurnal Informatika Upgris, 8.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

AryaRafa, D., Dyar Wahyuni, E., & Anjani Arifiyanti, A. (2024). RANCANG BANGUN APLIKASI DONOR DARAH DARURAT DONORA BERBASIS ANDROID DENGAN KONSEP GAMIFIKASI MENGGUNAKAN KOTLIN. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.5025

Issue

Section

Articles