IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENDA LANGIT DI SMP N 1 TANJUNG

Authors

  • Arif Febriyanto Muhadi Setiabudi University
  • Raden Mohamad Herdian Bhakti
  • Puji Wahyuningsih

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4996

Abstract Views: 432 File Views: 519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada perangkat Android guna memperkenalkan benda langit kepada siswa SMP N 1 Tanjung. Penggunaan AR dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi benda langit. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner yang diberikan kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi benda langit. Siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi dan keaktifan dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga menyatakan bahwa media ini sangat membantu dalam menjelaskan konsep-konsep abstrak terkait benda langit. Kesimpulannya, implementasi AR sebagai media pembelajaran benda langit di SMP N 1 Tanjung memberikan dampak positif terhadap proses belajar mengajar dan dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Febriyanto, A., Bhakti, R. M. H., & Wahyuningsih, P. (2024). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENDA LANGIT DI SMP N 1 TANJUNG. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4996

Issue

Section

Articles