IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENDA LANGIT DI SMP N 1 TANJUNG

Arif Febriyanto, Raden Mohamad Herdian Bhakti, Puji Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada perangkat Android guna memperkenalkan benda langit kepada siswa SMP N 1 Tanjung. Penggunaan AR dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi benda langit. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner yang diberikan kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi benda langit. Siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi dan keaktifan dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga menyatakan bahwa media ini sangat membantu dalam menjelaskan konsep-konsep abstrak terkait benda langit. Kesimpulannya, implementasi AR sebagai media pembelajaran benda langit di SMP N 1 Tanjung memberikan dampak positif terhadap proses belajar mengajar dan dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang menarik dan interaktif.


Full Text:

PDF 2974-2982


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062