ANALISA PENGARUH KOMPONEN DESAIN UI/UX KONTEN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERHADAP COGNITIF DAN AFEKTIF PENGGUNA

Taufiq Agung Cahyono

Abstract


Pesatnya teknologi berpengaruh besar dalam perubahan metode pembelajaran di dunia pendidikan, baik pendidikan tingkat dasar sampai pendidikan tingkat tinggi. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan adalah pembelajaran dilakukan secara online yang memungkinkan guru atau dosen dapat berinteraksi dengan siswa melalui antarmuka interaktif.  Akan tetapi tidak semua orang yang terlibat pada dunia pendidikan menerima teknologi Leraning Management system (LMS). Dari berbagai faktor penyebab rendahnya penerimaan teknologi LMS oleh target pengguna, faktor kemudahan penggunaan (Perceived Easy of Use atau Usability) merupakan salah satu faktor dominan yang mendorong atau mencegah seseorang menggunakan sebuah Leraning Management system (LMS) secara sukarela dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan menganalisa keterkaitan aspek kognitif dan afektif dengan desain UI/UX konten Leraning Management system (LMS). Hasil dari penelitian menujukan bahwa desain UI/UX konten Leraning Management system (LMS) berpengaruh terhadap afektif pengguna dan afektif memepengaruhi sikap pengguna untuk menggunakan Leraning Management system (LMS).


Full Text:

PDF 2865-2872

References


Mary Medinsky and Sona Macnaughton, “Staff Training, Onboarding, and Professional Development Using a Learning Management System,” https://journal.lib.uoguelph.ca/, 2015.

X. Huang, Q. Wang, and Z. Liu, “Design and implementation of E-learning system based on mobile internet,” nternational Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 15, no. 9, pp. 109–123, 2020.

Rabiman and Nurtanto, “Design and development E-learning system by learning management system (Lms) in vocational education,” Int. J. Sci. Technol. Res, vol. 9, no. 1, 2020.

A. F. Azizah, “Hubungan Antara Faktor-Faktor Cognitive, Affective, Physical dan Faktor External Terhadap Keputusan Individu Dalam Menerima Sebuah Teknologi Informasi.,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, surabaya, 2015.

N. Bonnardel, A. Piolat, and L. Le Bigot, “The impact of colour on Website appeal and users’ cognitive processes,” Displays, vol. 32, no. 2, pp. 69–80, 2011, doi: 10.1016/j.displa.2010.12.002.

Te’eni, Human-Computer Interaction: Developing Effective Organizational Information Systems. 2005.

P. Zhang and G. M. Von Dran, “Satisfiers and dissatisfiers: a two-factor model for website design and evaluation,” Journal of the American Society for Information Science and Technology, vol. 51, no. 14, pp. 1253–1268, 2000, doi: 10.1002/1097-4571(2000)9999:9999<::AID-ASI1039>3.0.CO;2-O.

D. C. L. Ngo and J. G. Byrne, “Application of an aesthetic evaluation model to data entry screens,” Comput Human Behav, vol. 17, no. 2, pp. 149–185, 2001, doi: 10.1016/S0747-5632(00)00042-X.

IBM, “IBM Design Language.” Accessed: Oct. 27, 2018. [Online]. Available: https://www.ibm.com/design/language/experience/visual/layout/

Bailey, Human Performance Engineering: Using Human Factors/Ergonomics to Achieve Computer System Usability (2Nd Ed.). Upper Saddle River: Prentice-Hall, 1989.

M. D. Ariawan and A. Triayudi, “Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 9, no. 2, 2020.

Ilham Abdullah Maosul and Ruuhwan, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENCARIAN PEKERJAAN DIDAMEL.ID MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan), 2024.

Gelar Wirakusunah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SEJARAH PAHLAWAN INDONESIA MENGGUNAKAN DEEP FAKE DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE,” JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan), 2024.

J. A. Russell, “Core Affect and the Psychological Construction of Emotion,” Psychol Rev, vol. 110, no. 1, pp. 145–172, 2003, doi: 10.1037/0033-295X.110.1.145.

Jogiyanto, Partial Least Square (PLS), Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis . 2011.

Kaplan, “Higher education and the digital revolution: About MOOCs, SPOCs, social media, and the Cookie Monster,” https://www.sciencedirect.com/, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062