RANCANG BANGUN MULTI-PLATFORM MOBILE APPLICATION SISTEM INFORMASI PENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4753Abstract Views: 381 File Views: 336
Abstract
Aplikasi SILATURAHMI (Sistem Informasi Kolaborasi Terpadu Universitas, Pemerintah, Masyarakat, dan Industri) merupakan sistem informasi milik UPN ”Veteran” Jawa Timur yang dirancang untuk mengelola program MBKM dari pendaftaran hingga finalisasi penilaian konversi mata kuliah. Namun, sistem ini masih berbasis website yang dari awal dioptimasi untuk perangkat berbasis desktop. Pada perangkat berbasis mobile, sistem ini memiliki performa dan tampilan yang kurang baik sehingga muncul kebutuhan akan aplikasi berbasis mobile yang terpisah. Sistem informasi SILATURAHMI berbasis mobile dikembangkan dengan menerapkan metode Waterfall yang terdiri dari tahap communication, planning, modelling, construction, dan deployment dengan menggunakan framework flutter. Melalui metode ini, diharapkan sistem yang dihasilkan dapat mempermudah pengguna, baik mahasiswa maupun dosen, dalam mengelola program MBKM melalui device berbasis mobile. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, Sistem Informasi SILATURAHMI berbasis mobile telah berhasil dijalankan di kedua sistem operasi yaitu AndroidOS dan iOS sesuai dengan proses bisnis yang telah direncanakan. Melalui sistem berbasis mobile ini dosen dan mahasiswa dapat lebih mudah dalam mengakses sistem informasi SILATURAHMI serta mengurangi kesalahan-kesalahan akibat tampilan dan performa yang kurang baik pada websiteDownloads
References
Humas UPN, “Luncurkan Platform SILATURAHMI, Kuatkan Sinergi Universitas dengan Pemerintahan dan Dunia Industri,” 2023. https://www.upnjatim.ac.id/luncurkan-platform-silaturahmi-kuatkan-sinergi-universitas-dengan-pemerintahan-dan-dunia-industri/ (accessed Oct. 23, 2023).
A. Biørn-hansen, T. Grønli, G. Ghinea, and S. Alouneh, “An Empirical Study of Cross-Platform Mobile Development in Industry,” Wirel. Commun. Mob. Comput., vol. 2019, pp. 1–12, 2019, doi: 10.1155/2019/5743892.
S. Santoso, D. J. Surjawan, and E. D. Handoyo, “Pengembangan Sistem Informasi Tukar Barang Untuk Pemanfaatan Barang Tidak Terpakai dengan Flutter Framework,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 3, pp. 589–598, 2020, doi: https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.3071.
D. Mota and R. Martinho, “An Approach to Assess the Performance of Mobile Applications : A Case Study of Multiplatform Development Frameworks,” no. Enase, pp. 150–157, 2021, doi: 10.5220/0010497401500157.
C. G. Thomas and A. J. Devi, “A Study and Overview of the Mobile App Development Industry,” Int. J. Appl. Eng. Manag. Lett., vol. 5, no. 1, pp. 115–130, 2021, doi: http://doi.org/10.5281/zenodo.4966320.
K. A. B. Ibrahim and D. Gustina, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android untuk Brand Clothing Sand Beach dengan Skema Diskon Menggunakan Hungarian Algorithm,” J. Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 47–56, 2021, doi: https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.608.
A. F. Sallaby and I. Kanedi, “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Media Infotama, vol. 16, no. 1, pp. 48–53, 2020, doi: https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1121.
Y. Gong, F. Gu, K. Chen, and F. Wang, “The Architecture of Micro-services and the Separation of Frond-end and Back-end Applied in a Campus Information System,” 2020 IEEE Int. Conf. Adv. Electr. Eng. Comput. Appl., pp. 321–324, 2020, doi: 10.1109/AEECA49918.2020.9213662.
D. Wijonarko and B. W. R. Mulya, “Pengembangan Antarmuka Pemrograman Aplikasi Menggunakan Metode RESTful pada Sistem Informasi Akademik Politeknik Kota Malang,” SMATIKA J. STIKI Inform. J., vol. 8, no. 2, pp. 63–66, 2018, doi: https://doi.org/10.32664/smatika.v8i02.202.
R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th Edition. New York: McGraw-Hill, 2010.
M. Nugraha, L. Sakinah, R. A. Setiawan, and H. Mulyani, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL,” JITET (Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 12, no. 2, pp. 1162–1169, 2024, doi: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4179.
G. Purnama, “PERANCANGAN SISTIM INFORMASI PERMINTAAN BARANG DENGAN PROSEDUR LELANG BERBASIS METODE PERANCANGAN UML: STUDI KASUS UNDIRA,” JITET (Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter., vol. 12, no. 2, pp. 1199–1209, 2024, doi: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4162
Google, “GooglePlayConsole,” 2024. https://play.google.com/intl/id/console/about/ (accessed Jun. 09, 2024).
Apple Inc., “Apple Developer Program Enrollment,” 2024. https://developer.apple.com/enroll/purchase (accessed Jun. 09, 2024).