IMPLEMENTASI METODE USER CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN UI/UX PURWARUPA APLIKASI LACAKIN
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4602Abstract Views: 566 File Views: 831
Abstract
Pada era digital saat ini, smartphone dan internet telah menjadi kebutuhan pokok dengan lebih dari 73,7% populasi Indonesia mengakses internet dan 250 juta pengguna smartphone. Meskipun demikian, banyak aplikasi mobile mengalami masalah pada antarmuka pengguna yang sulit dipahami, disebabkan kurangnya keterlibatan pengguna dalam proses perancangan. Aplikasi mobile memiliki peran penting di berbagai sektor, termasuk layanan medis, ekonomi, pendidikan, dan agama. Dalam konteks belanja online yang semakin populer, pengguna sering membutuhkan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang. Namun, pengecekan nomor resi pengiriman sering kali memakan waktu karena pengguna harus memeriksa secara manual melalui berbagai platform ekspedisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk purwarupa aplikasi LacakIn, yang memudahkan pengguna dalam melacak pengiriman barang dan mengecek tarif pengiriman dari berbagai ekspedisi dalam satu platform. Metode yang digunakan adalah User Centered Design (UCD) yang melibatkan pengguna secara langsung untuk memastikan kebutuhan dan preferensi mereka terpenuhi. Melalui observasi dan wawancara singkat, informasi penting dikumpulkan untuk merancang UI/UX yang intuitif dan responsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi UCD efektif dalam meningkatkan kepuasan pengguna terhadap aplikasi LacakIn.Downloads
References
R. Gunawan, S. Aulia, H. Supeno, A. Wijanarko, J. P. Uwiringiyimana, dan D. Mahayana, “Adiksi Media Sosial dan Gadget bagi Pengguna Internet di Indonesia,” Techno-Socio Ekonomika/Techno-Socio Ekonomika, vol. 14, no. 1, p. 1, April 2021, doi: 10.32897/techno.2021.14.1.544.
S. Suryani, R. Kurniati, dan S. Mawarni, “Aplikasi Simulasi Rukun Haji Berbasis Android,” Inovtek Polbeng - Seri Informatika, vol. 4, no. 1, p. 55, Juni 2019, doi: https://doi.org/10.35314/isi.v4i1.928.
Doni Abdul Fatah, Rifky Maulana Yusron, dan Irine Kartika Febrianti, “Penerapan Metode-User Centered Design (UCD) Untuk E-Commerce Industri Kreatif,” vol. 10, no. 1, pp. 31–40, Desember 2021, doi: https://doi.org/10.21107/simantec.v10i1.12700.
A. Mustajib dan I. Kurniawati, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Rancang Bangun UI/UX Pada Website Rumah Sakit Pusdikkes Puskesad Menggunakan Figma,” JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, vol. 7, no. 1, pp. 048–057, Agustus 2023, doi: 10.46961/jommit.v7i1.805.
A. I. D. J. Ardian Ryan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI dan UX Aplikasi Keuangan Berbasis,” Zenodo (CERN European Organization for Nuclear Research), Mei 2023, doi: 10.5281/zenodo.7983315.
Muhammad Akhbar Rizkhullah dan Apriade Voutama, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Untuk Pembelajaran Adaptif Public Speaking Dengan Metode User Centered Design,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, April 2024, doi: https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4204.
A. Mahfudh dan W. R. Saputra, “Perancangan User Interface User Experience Aplikasi E-Ngaji Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada TPQ,” Jurnal Ilmiah Intech, vol. 4, no. 02, pp. 255–262, Desember 2022, doi: 10.46772/intech.v4i02.885.
F. Fernando, “Perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang,” TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, vol. 7, no. 2, p. 101, Agustus 2020, doi: https://doi.org/10.26858/tanra.v7i2.13670.
D. Q. A. Yusuf, “Perlindungan Konsumen Terhadap Klausula Eksonerasi Dalam Perjanjian Baku Perusahaan Jasa Pengiriman Barang (Studi Pada Perusahaan Pengiriman Barang Di Kota Binjai PT. JNE),” Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, vol. 3, no. 2, pp. 203–213, Agustus 2022, doi: https://doi.org/10.55357/is.v3i2.249.
Alvine Candra, Pristi Sukmasetya, dan Purwono Hendradi, “Perancangan UI/UX Aplikasi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus SISFO SKPI UNIMMA),” vol. 13, no. 01, pp. 52–68, Mei 2023, doi: https://doi.org/10.36342/teika.v13i01.3069.
A. K. Nadhif, D. T. W. Jati, Muh. F. Hussein, dan I. S. Widiati, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking,” Jurnal Ilmiah IT CIDA, vol. 7, no. 1, Desember 2021, doi: 10.55635/jic.v7i1.146.
A. Chandranegoro, B. Zaman, dan S. Bahri, “Redesain UI Dan UX Untuk Mengoptimalkan Pengunaan Aplikasi Joygift,” Kharisma Tech, vol. 18, no. 1, pp. 70–83, Maret 2023, doi: 10.55645/kharismatech.v18i1.291.
S. Sari, A. T. Saadah, D. F. Sugiono, G. D. P. Palunggono, dan M. F. Hidayatullah, “Penerapan Metode System Usabillity Scale (SUS) Pada Pengujian UI/UX Website ‘Ternakku.Id,’” Smart Comp: Jurnal Orang Pintar Komputer/Smart Comp, vol. 13, no. 2, April 2024, doi: 10.30591/smartcomp.v13i2.6275.
A. Rahman Hidayatullah dan W. Andhyka Kusuma, “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Pengalaman Pengguna LMS Dan Mengidentifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak,” Jurnal Health Sains, vol. 2, no. 9, pp. 1629–1642, September 2021, doi: https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.301.
A. Cooper, R. Reimann, dan D. Cronin, “A Design Process for Digital Products”, About Face: The Essentials of Interaction Design, Indianapolis, 2014, halaman 26.
A. Hidayat dan Hana Meilina Fauziyyah, “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 10, no. 1, Juni 2022, doi: https://doi.org/10.51530/jutekin.v10i1.647.
N. R. N. Fadilah dan N. D. Sweetania, “Perancangan Design Prototype UI/UX Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 2, no. 2, pp. 132–146, Mei 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.