PENERAPAN API GEMINI DALAM LAYANAN PEMINJAMAN NOVEL ONLINE PADA WEBSITE COZYBOOK

Authors

  • Salsabila Aprilia Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Ria Agustin Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Viktor Handrianus Pranatawijaya Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Nova Noor Kamala Sari Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4508

Abstract Views: 832 File Views: 759

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap layanan perpustakaan, khususnya dalam proses peminjaman buku. CozyBook, sebagai platform peminjaman buku online, mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) melalui Gemini API untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi AI dalam layanan CozyBook dan efeknya terhadap efektivitas layanan. Metode prototype digunakan dalam pengembangan sistem, dengan penggunaan Visual Studio Code, HTML, CSS, JS, PHP, dan XAMPP sebagai alat pembangunan website. Implementasi AI terdiri dari pengaturan kunci API, penerapan API AI Gemini, dan inisialisasi model generatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI melalui API dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menemukan dan meminjam buku secara online, serta memberikan respons yang cepat dan relevan melalui chatbot. Berdasarkan hasil pengujian, sistem CozyBook terbukti responsif dan dapat memenuhi permintaan pengguna secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asemi, A., Ko, A., & Nowkarizi, M. (2020). Intelligent libraries: a review on expert systems,Artificial Intelligence, and robot. Library Hi Tech, 39(2), 412–434.

Reglitz, M. (2020). The human right to free internet access. Journal of Applied Philosophy, 37(2), 314–331.

Y. Devianto dan S. Dwiasnati, “Kerangka Kerja Sistem Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia,” InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, vol. 10, no. 1, hlm. 19–24, Apr 2020.

V. R. Prasetyo, N. Benarkah, dan V. J. Chrisintha, “Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya,” Jurnal TEKNIKA, vol. 10, no. 2, hlm. 114–121, Jun 2021.

Atika, M., & Sayekti, R. (2023). Studi Literatur Review Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Artificial Intelligence (AI) Library Information System Based on Artificial Intelligence (AI): Literatur Review. Journal of Information and Library Science, 14(1), 39-52.

R. Aditya, V. H. Pranatawijaya, dan P. B. A. A. Putra, “Perancangan Teks Promosi UMKM Sikop Arrum Batik Menggunakan Program Berbasis AI ChatGPT,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, vol. 4, no. 1, hlm. 11–18, Jun 2023.

H. I. T. Simamora, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Cv Mitra Tani Menggunakan Metode Prototype,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, hlm. 173–178, Apr 2020.

Widiasari, C., & Zulkarnain, L. A. (2021). Rancang Bangun Sistem Monitoring Penggunaan Air PDAM Berbasis IoT. Jurnal Komputer Terapan, 7(2), 153-162. https://doi.org/10.35143/jkt.v7i2.5152

Google Team, “Panduan Memulai: Memulai Gemini API di Aplikasi Android (SDK Klien),”. Internet:https://ai.google.dev/tutorials/android_quickstart?hl=id#generate-text-from-text-and-image-input. Januari 2024 [10 Januari 2024]

Rachmat, N., & Kesuma, D. P. (2024). Implementasi LLM Gemini Pada Pengembangan Aplikasi Chatbot Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer (JUIK), 4(1), 40-52.

Kilimandang, F. F. P., & Waluyo, S. (2023, October). PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING DALAM SISTEM PAKAR DIGANOSA JENIS PENYAKIT MENULAR. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) (Vol. 2, No. 2, pp. 956-965).

Wiharjianto, M. T. T., Khoirudin, K., & Christanto, F. W. (2024). IMPLEMENTASI REST API DAN YELLOW. AI UNTUK MENGURANGI JUMLAH TROUBLE TICKET DATA REKENING YANG BERULANG DENGAN CHATBOT TBIG OLIVE. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 24-28.

Prasojo, B., Huda, M., & Khasanah, I. N. (2024). APLIKASI CHATBOT BERBASIS TELEGRAM UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN AKADEMIK KAMPUS UNIVERSITAS MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(2).

Alfiat, B. F., Eosina, P., Ikhsan, A., & Hidayat, S. (2022). Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Wit. Ai pada Sistem SPP-IRT Berbasis Web. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(4), 785-794.

Kurnia, J. S., & Risyda, F. (2021). Rancang Bangun Penerapan Model Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web. JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(2), 223-230.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Aprilia, S., Agustin, R., Pranatawijaya, V. H., & Sari, N. N. K. (2024). PENERAPAN API GEMINI DALAM LAYANAN PEMINJAMAN NOVEL ONLINE PADA WEBSITE COZYBOOK. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4508

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)