EVALUASI KUALITAS SITUS WEB VIRTUAL CLASS UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0: STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4439Abstract Views: 311 File Views: 249
Abstract
Virtual Class Universitas Lampung (VClass Unila) merupakan platform belajar dari yang dikembangkan Universitas Lampung. Selama pengimplentasian VClass Unila belum pernah dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website VClass Unila. Hal tersebut berpotensi menyebabkan sejumlah dampak negatif, seperti tidak terdeteksinya masalah yang mungkin dialami mahasiswa saat menggunakan website. Untuk menanggulangi masalah tersebut perlu dilakukan evaluasi terhadap kualitas website VClass Unila dengan menggunakan metode Webqual 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website VClass Unila terhadap tingkat kepuasan mahasiswa serta memberikan rekomendasi perbaikan atau peningkatan kualitas website VClass Unila. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai kinerja (performance) dari seluruh dimensi Webqual 4.0 sebesar 3,84 dan tingkat kepentingan (importance) sebesar 4,46 sehingga menghasilkan gap sebesar -0,61 yang menunjukan kinerja website memenuhi harapan pengguna. Selanjutnya atribut tersebut akan dipetakan ke dalam kuadran Importance and Performance Analysis (IPA) yang menghasilkan 10 rekomendasi perbaikan.Downloads
References
Nurhayati, Yunisca, D. Sutrisno, Bercah, and R. Hidayat, “Pengaplikasian Pembelajaran E- Learning Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan V-Class Universitas Lampung,” J. Ilm. Mimb. Demokr., vol. 22, no. 1, pp. 125–131, 2022, doi: 10.21009/jimd.v22i1.26017.
S. Barnes and R. Vidgen, “An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research,” J. Electron. Commer. Res., vol. 3, no. 3, pp. 114–127, 2002.
A. E. Yudistira, B. T. Hanggara, and H. M. Az-Zahra, “Pengukuran Kualitas Website Program Studi Sistem Informasi Universitas Brawijaya Menggunakan Metode WebQual dan Importance and Performance Analysis,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 10, pp. 3571–3579, 2020.
A. Pratama, A. S. Larasati, and A. Wulansari, “Analisis Kualitas Website Sistem Langitan Umaha Dengan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, pp. 519–533, 2021, doi: 10.51519/journalisi.v3i3.172.
I. Salamah, L. Lindawati, M. Fadhli, and R. Kusumanto, “Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0,” J. Digit, vol. 10, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i1.151.
R. Lantip Dian Prasojo, Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011.
M. A. Karyawan, M. Nurhadi, A. C. Puspitaningrum, and M. S. Prasetya, “Structural Model Kekuatan Kualitas Website dalam Membangun Citra Perguruan Tinggi,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 224–233, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i3.857.
B. S. Santoso and M. F. Anwar, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus,” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 2, no. 6, pp. 251–257, 2022, doi: 10.30865/resolusi.v2i6.406.
E. E. Barus, Suprapto, and A. D. Herlambang, “Analisis Kualitas Website Tribunnews.com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 1483–1491, 2018
Nurhidayat.a, “Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 153,” Pros. SNATIF ke-4 Tahun 2017, pp. 153–160, 2017.
N. A. Oktivianet, A. Kusyanti, and A. Rachmadi, “Analisis Kualitas Layanan Situs Kiostix.com Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 10, pp. 2548–964, 2018.
D. Apriliani, M. Fikry, and M. J. Hutajulu, “Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance- Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com,” vol. 8, no. 1, pp. 34–45, 2020.