PERANCANGAN UI/UX SIPKOS SISTEM INFORMASI PENCARI KOS MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4205Abstract Views: 555 File Views: 400 File Views: 0 File Views: 0
Abstract
Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan yang besar di berbagai sektor, salah satunya berdampak pada pencarian kos. Sekarang ini, pencarian kos konvensional mulai tergantikan dengan pencarian secara online, SIPKOS hadir menjadi salah satu wadah tersebut. Perancangan tampilan antarmuka yang menarik dan mudah dipahami dapat meningkatkan kepuasan pengalaman pengguna. Maka dari itu, User Centered Design dipilih menjadi metode dalam penelitian ini, yang mana di metode ini desainer sangat memposisikan diri sebagai user dan selalu melibatkan kebutuhan pengguna di setiap tahapnya. Metode User Centered Design memiliki 4 tahap yaitu, Specify context of use, Specify Requirements, Produce of design solutions dan Evaluate design. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa penggunaan metode User Centered Design memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman yang memuaskan dan memfasilitasi keperluan pemakai. Studi ini berfokus pada kebutuhan pengguna seperti fitur yang tersedia dan kemudahan pemakaian, selain itu, penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa User Centered Design saat membuat UI/UX sebuah aplikasi dapat menaikkan nilai praktis serta daya produksi pengguna. Oleh karena itu, studi ini berfungsi sebagai panduan bagi perancang antarmuka yang bertujuan untuk menciptakan aplikasi yang lebih baik, lebih efektif dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Downloads
References
T. I. Golubeva, “Video Conferencing and Webinars: Integration of Online Tools in Traditional Forms of Educational and Scientific Activities,” International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 9, no. 4, pp. 4241–4244, Aug. 2020, doi: 10.30534/ijatcse/2020/11942020.
P. Studi Sistem Informasi Universitas Trilogi Jakarta Jl TMP Kalibata No, D. Tiga Kec Pancoran, K. Kunci, R. Kost, and S. Informasi, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SEWA RUMAH KOST (E-KOST) BERBASIS WEBSITE CHALIDAZIA NIZAR,” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 3, no. 1, 2021.
U. Utan Sufandi, D. Trihapningsari, W. Mellysa, and P. Layanan Bahan Ajar, “Peluang Penelitian UI/UX pada Pengembangan Aplikasi Mobile: Systematic literature review UI/UX Research Opportunities in Mobile Application Development: Systematic Literature Review.”
D. Yusma, N. Merlina, and N. Nurajijah, “SISTEM INFORMASI PENCARIAN RUMAH KOST BERBASIS WEB,” INTI Nusa Mandiri, vol. 15, no. 2, pp. 127–134, Feb. 2021, doi: 10.33480/inti.v15i2.1702.
A. Budiman, L. Sri Wahyuni, and S. Bantun, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCARIAN DAN PEMESANAN RUMAH KOS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG),” Jurnal TEKNOKOMPAK, vol. 13, no. 2, pp. 24–26, 2019.
P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, Jul. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.
M. Fiqri Widiyantoro, T. Ridwan, N. Heryana, and A. Voutama, “Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking”.
D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.
S. Nurmaharani and Heriyanto, “ANALISA DAN PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA CV. MULTI BAN OTO SERVIS BEKASI,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 1, pp. 46–53, Feb. 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.
B. Oktaviani, R. M. Chandra, M. Irsyad, and P. Pizaini, “Desain Sistem Pemasaran Produk UMKM dengan Konsep UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 3, pp. 980–987, Apr. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i3.3387.
M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, Aug. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
W. Steven, J. Wijaya, A. I. Gunawan, and H. Irsyad, “2 ND MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2023 PERANCANGAN UI/UX APLIKASI COMIC INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING”.
M. Multazam, I. V Paputungan, and B. Suranto, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design.”
A. G. Pramesti, Q. J. Adrian, and Y. Fernando, “PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI PEMESANAN BUKET MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: BOUQUET LAMPUNG),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 3, no. 2, pp. 179–184, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika