AUGMENTED REALITY PADA GAMBAR PAKAIAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Authors

  • Rachmat Mahardika Putra Siliwangi University http://orcid.org/0009-0008-9138-7576
  • Aldy Putra Aldya Siliwangi University
  • Eka Wahyu Hidayat Siliwangi University

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4181

Abstract Views: 475 File Views: 476

Abstract

Abstrak. Menghadapi persaingan yang semakin ketat. Perusahaan pakaian (PT. Ke-percayaan Bersama) semakin memperhatikan potensi Augmented Reality (AR) sebagai bagian dari strategi promosi untuk menginvestigasi dampak penerapan aplikasi dalam promosi merek pa-kaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi AR dalam promosi merek pa-kaian secara signifikan menunjukkan keterlibatan konsumen lebih tinggi, dan berinteraksi secara lebih menarik dengan produk merek. Pengguna aplikasi AR ini menegaskan bahwa AR dapat dianggap sebagai alat bantu dalam meningkatkan keterlibatan konsumen. Evaluasi usabilitas aplikasi AR menggunakan Kuesioner System Usability Scale (SUS) menunjukkan hasil yang positif. Aplikasi AR memperoleh skor rata-rata sebesar 71, yang berada dalam kategori "Acceptable" (diterima). Ini menunjukkan bahwa aplikasi AR dianggap baik untuk digunakan oleh pengguna, dengan per-ingkat "Good" (baik) dalam segi usabilitas. Penelitian ini memberikan pandangan yang berharga tentang potensi teknologi AR dalam industri pakaian, serta memberikan dukungan empiris terhadap penggunaan aplikasi AR dalam upaya memperkuat merek dan memperbaiki pen-galaman konsumen. Hasil ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemahaman tentang manfaat AR dalam konteks pemasaran merek pakaian, membuka peluang untuk pengembangan strategi promosi yang lebih interaktif. 
Abstract. Facing increasingly fierce competition, a clothing company (PT. Kepercayaan Bersama) is increasingly paying attention to the potential of Augmented Reality (AR) as part of its promotion strategy to investigate the impact of application in clothing brand promotion. The results showed that the application of AR applications in clothing brand promotion significantly showed higher consumer engagement, and interacted more interestingly with brand products, even improving brand perception among consumers. Users of this AR application confirmed that AR can be considered as a tool in increasing consumer engagement. The usability evaluation of the AR application using the System Usability Scale (SUS) questionnaire showed positive results. The AR app obtained an average score of 71, which is in the "Acceptable" category. This indicates that the AR application is considered good to use by users, with a rating of "Good" in terms of usability. This research provides valuable insights into the potential of AR technology in the apparel industry, as well as providing empirical support for the use of AR applications in efforts to strengthen brands and improve consumer experiences. These results make a significant contribution to the under-standing of the benefits of AR in the context of apparel brand marketing, opening up opportunities for the development of more interactive promotional strategies.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Anggraini, “Memakai Harajuku Style: Brand-Brand Lokal Dan Street Style Di Jepang,” Lensa Budaya J. Ilm. Ilmu-Ilmu Budaya, vol. 13 Nomor 2, pp. 137–155, 2018, doi: 10.34050/jlb.v13i2.5296.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” 2019. doi: 0.34010/COMMON.V3I1.1950.

A. W. Prayugha and F. Zuli, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Universitas Satya Negara Indonesia Berbasis Android Menggunakan Metode Marker Based Tracking,” Jakarta, vol. 4 Nomor 1, pp. 12–17, 2021, doi: 10.35439/research.v4i1.32.

Mohamad H.P. Wijaya, “Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota Manado Oleh,” J. EMBA, vol. 1 Nomor 4, pp. 105–114, 2013, doi: 10.35794/emba.1.4.2013.2578.

Y. Adiyanto, “Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Lebak Banten,” 2018. doi: 10.30656/sm.v4i2.979.

R. Prasetia, E. W. Hidayat, and R. N. Shofa, “Pengambangan Aplikasi Panduan Pengenalan Kampus Universitas Siliwangi Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4 Nomor 3, pp. 478–487, 2018, doi: 10.28932/jutisi.v4i3.899 Rhoza.

F. Hardikasari and P. T. Dewi, “Penerapan Teknologi Augmented Reality 3D Berbasis Smartphone Sebagai Alat Visualisasi Arsitektur,” J. Lingkung. Binaan Indones., vol. 8, no. 4, pp. 133–138, 2019, doi: 10.32315/jlbi.v9i4.136.

M. E. Apriyani, R. Gustianto, J. T. Multimedia, D. Jaringan, P. N. Batam, and P. B. Centre, “Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker,” J. Infotel, vol. 7, no. 1, pp. 47–52, 2015, doi: 10.20895/infotel.v7i1.29.

A. Kintani, G. F. Nama, and M. A. Muhammad, “Perancangan Dan Implementasi Augmented Reality Pemantau Jadwal Ruang Kelas Menggunakan Marker Based Tracking,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 9, no. 2, pp. 66–70, 2021, doi: 10.23960/jitet.v9i2.2428.

V. Miyanti, A. Muhidin, and D. Ardiatma, “Implementasi Metode Markerless Augmented Reality Sebagai Media Promosi Home Furnishing Berbasis Android,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 71–77, 2023, doi: 10.57152/malcom.v4i1.1019.

R. Alexandro Harianto, “Augmented Reality Marker Based Tracking Visualisasi Drawing 2D ke dalam Bentuk 3D dengan Metode FAST Corner Detection,” J. Intell. Syst. Comput., vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2019, doi: 10.52985/insyst.v1i1.28.

I. Mustaqim, S. T. Pd, and N. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality,” J. Edukasi Elekro, vol. 1, no. 1, pp. 36–48, 2017, [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Ahmad Apandi, “Augmented Reality Maket Perumahan Mutiara Citayam Menggunakan Perangkat Lunak Unity,” J. Tek. dan Sci., vol. 1, no. 2, pp. 104–111, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i2.127.

I. Bagus and M. Mahendra, “Implementasi Augmented Reality (Ar) Menggunakan Unity 3d dan Vuporia SDK,” J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, 2016.

M. Ridha, B. Arifitama, and A. Syahputra, “Penerapan Augmented Reality Pada Sekolah Menengah Kejuruan Atlantis Depok Menggunakan Marker Based Tracking,” J. Ind. Kreat. Dan …, vol. 2, pp. 11–19, 2022, [Online]. Available: http://www.jikis.org/index.php/main/article/view/32

A. Sirumapea, S. Ramdhan, and D. Masitoh, “Aplikasi Augmented Reality Katalog Baju Menggunakan Smartphone Android,” Apl. Augment. Real. Katalog Baju Menggunakan Smartphone Android, vol. 7, no. 2, 2017, doi: 10.38101/sisfotek.v7i2.142.

Desmira, D. Aribowo, and P. Oktavia, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar dan Ruang Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Android,” Peranc. Apl. Pembelajaran Bangun Datar Dan Ruang Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Android, vol. 1, pp. 48–54, 2014.

T. R. Permadi, Sulistiyono, and Harsiti, “Pembuatan Animasi Iklan Layanan Masyarakat Penggunaan E-Toll pada PT. Marga Mandalasakti,” Pros. Semin. …, vol. 2, no. 3, pp. 53–57, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/snartisi/article/view/805%0Ahttps://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/snartisi/article/download/805/723

N. Hasanah, “Perancangan Video Tutorial Untuk Pembelajaran Keyboard Bagi Pemula Menggunakan Metode MDLC,” Telcomatics, vol. 6, no. 2, p. 67, 2022, doi: 10.37253/telcomatics.v6i2.6357.

M. Rijal Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, Kaji. Ilm. Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.

T. Menora, C. H. Primasari, Y. P. Wibisono, T. A. P. Sidhi, D. B. Setyohadi, and M. Cininta, “Implementasi Pengujian Alpha dan Beta Testing pada Aplikasi Gamelan Virtual Reality,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 48–60, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i1.6625.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Putra, R. M., Aldya, A. P., & Hidayat, E. W. (2024). AUGMENTED REALITY PADA GAMBAR PAKAIAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4181

Issue

Section

Articles