APLIKASI CHATBOT BERBASIS TELEGRAM UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN AKADEMIK KAMPUS UNIVERSITAS MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN

Authors

  • Bagus Prasojo Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Misbahul Huda Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Ida Naila Khasanah Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • endang wahyuningsih Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4013

Abstract Views: 1152 File Views: 974 File Views: 0 File Views: 0

Abstract

Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat dan menilai aplikasi chatbot untuk Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama di Kebumen yang menggunakan Telegram sebagai platform untuk menyampaikan layanan dan informasi akademik dengan cara baru. Chatbot adalah program komputer yang dapat menyimulasikan komunikasi manusia dan dapat disertakan dalam aplikasi perpesanan seperti Facebook Messenger, WhatsApp, atau Telegram. Untuk memenuhi kebutuhan informasi yang mendesak dan tepat baik dari masyarakat umum maupun civitas UMNU Kebumen , chatbot diprogram untuk secara otomatis menjawab pertanyaan pengguna. AI Markup Language adalah alat yang digunakan chatbot untuk mempelajari hal-hal baru. Pada saat yang sama, pendekatan Waterfall digunakan dalam penelitian ini. Segala macam data akademik tentang Universitas dapat diakses melalui basis pengetahuan chatbot, termasuk informasi tentang penerimaan maha siswa baru, biaya kuliah , lokasi fisik kampus, program studi yang tersedia, dan masih banyak lagi. Berdasarkan temuan pendekatan pengujian blackbox, kinerja aplikasi chatbot sempurna. Hasil User Acceptance Test (UAT) juga menunjukkan nilai yang baik yaitu mencapai nilai akurasi 88% . Berdasarkan hasil ini, tampaknya program chatbot menjawab pertanyaan yang dikirimkan pengguna menggunakan informasi yang telah dimasukkan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Sobron dan Lubis, “Implementasi kecerdasan Buatan pada Sistem Manufaktur Terintegrasi,” Semin. tidak. Teknologi. UISU , jilid. 4, no. 1, hlm. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134

B. Rusmarasy, B. Priyambadha, dan F. Pradana, “Pengembangan Chat Bot di CoMa untuk Memberikan Motivasi kepada Pengguna Menggunakan AIML,” J. Pengemb. Teknologi. Inf. dan Ilmu Komputer. , jilid. 3, no. 5, hal.4484–4490, 2019.

G. Guntoro, Loneli Costaner, dan L. Lisnawita, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digit. Zo. J.Teknol. Inf. dan Kommun. , jilid. 11 no. 2, hal.291–300, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.5049.

SL Granizo, ALV Caraguay, LIB Lopez, dan M. Hernandez-Alvarez, “Deteksi Kemungkinan Pesan Terlarang Menggunakan Pemrosesan Bahasa Alami dan Computer Vision di Twitter dan Situs Web Tertaut,” IEEE Access , vol. 8, no. 1, hal.44534–44546, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2976530.

D. Fajar Ramadhan, S. Noertjahjono, dan J. Dedy Irawan, “Penerapan Chatbot Auto Reply di WhatsApp Sebagai Pusat Informasi Praktis Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language,” JATI (Jurnal Mhs. Tech. Inform. , vol. .4, no.1, hlm.198–205, 2020, doi: 10.36040/jati.v4i1.2375.

M. Maskur, Y. Afandi, A. Waris, dan T. Afirianto, “Virtual Assistant Chatbot Prototype Sebagai Pusat Layanan Informasi Mahasiswa,” J. Tek. Sains dan Aplikasi. , jilid. 3, no. 1, hal. 35–39, 2022, doi: 10.33795/jtia.v3i1.82.

MN Fauzy dan K. Kusrini, “Chatbot Menggunakan Metode Fuzzy String Matching Sebagai Asisten Virtual pada Pusat Layanan Informasi Akademik,” J. Inf. , jilid. 5, no. 1, hal. 61–67, 2019, [Online]. Tersedia: https://informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/70

BA Arif, Y. Afri, and..., “Membuat Sistem Chatbot Menggunakan Metode Kontekstual,” J. Sains... , vol. XI, no. 2, hlm. 20–24, 2021, [Online]. Tersedia: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2345

OLEH Asaribab dan T. Marcus, “Chatbot Pemilihan Produk Kosmetik Berbasis Aiml,” J. Strateg. , jilid. 2, no. November, hal. 622, 2020.

E. Febriansyah dan E. Nirmala, “Perancangan Sistem Informasi Jual Beli Properti Menggunakan Chat Bot Telegram Terintegrasi Dengan Web Menggunakan Metode Prototype,” JORAPI J. Res. Publikasi. Inovasi. , jilid. 1, no. 2, hal.279–284, 2023.

MR Herfian dan AR Adriansyah, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Pada Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi,” J. Inform. Terintegrasi , jilid. 7, no. 2, hal.87–93, 2021, doi: 10.54914/jit.v7i2.370.

Muhammad Al Faruqi, “Pemrograman Python pada Gambar Digital,” Unikom , hlm. 12–26, 2021.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Prasojo, B., Huda, M., Khasanah, I. N., & wahyuningsih, endang. (2024). APLIKASI CHATBOT BERBASIS TELEGRAM UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN AKADEMIK KAMPUS UNIVERSITAS MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4013

Issue

Section

Articles