OPTIMASI MODEL BISNIS E-COMMERCE SHOPEE MELALUI REGRESI LINIER: STUDI KASUS PENGARUH PROMOSI, HARGA, PENGALAMAN PENGGUNA, DAN INOVASI PRODUK

Nurul Izza Izza

Abstract


Abstrak. Pada era revolusi industri keempat, adaptasi terhadap teknologi baru, khususnya internet telah mendorong masyarakat untuk menjalani berbagai aktivitas secara online termasuk berbelanja. Fenomena jual beli online telah menjadi tren utama dalam masyarakat modern. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi promosi, penetapan harga, pengalaman pengguna, dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan di platform e-commerce Shopee. Melalui analisis regresi linier, temuan menunjukkan nilai R sebesar 0.775 dan R-squared sebesar 0.600 yang artinya model dapat menjelaskan sekitar 60% variasi dalam kepuasan pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penetapan harga (p = 0.006) dan strategi promosi (p = 0.0940) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sementara pengalaman pengguna (p = 0.706) dan inovasi produk (p = 0.358) tidak memiliki pengaruh yang signifikan karena nilai p > 0.05. Meskipun penelitian memiliki keterbatasan, seperti sampel kecil dan distribusi data yang tidak normal dilihat dari nilai p = 0.001, hasilnya memberikan dasar untuk penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan metode analisis yang berbeda. Seiring dengan pertumbuhan pesat Shopee sebagai marketplace terkemuka di Indonesia, pemahaman dan optimalisasi model bisnisnya dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing di pasar e-commerce yang terus berkembang.

Full Text:

PDF 716-728

References


Rully Indrawan, Saiful Almujab Fellya Salsabilla Nadiansyah, “ANALISIS STRATEGI PROMOSI E-COMMERCE SHOPEE YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN,” Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, vol. VI, pp. 62–71, 2022.

R. Ratna and H. Nurdin, “ANALISIS PENGALAMAN BERBELANJA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELI PADA MARKETPLACE SHOPEE,” JURNAL CAPITAL : Kebijakan Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, vol. 3, no. 2, pp. 101–115, Dec. 2021, doi: 10.33747/capital.v3i2.123.

Riyono (Dosen Tetap STIE AKA) Gigih Erlik Budiharja (Dosen Tetap STIE AKA), “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AQUA DI KOTA PATI,” JURNAL STIE SEMARANG, vol. 8, pp. 92–121, 2016.

M. Dayat, “STRATEGI PEMASARAN DAN OPTIMALISASI BAURAN PEMASARAN DALAM MEREBUT CALON KONSUMEN JASA PENDIDIKAN,” Jurnal Mu’allim, vol. 1, pp. 299–318, 2019.

D. A. D. Nasution, E. Erlina, and I. Muda, “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia,” Jurnal Benefita, vol. 5, no. 2, p. 212, Jul. 2020, doi: 10.22216/jbe.v5i2.5313.

Maciej Serda et al., “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE, HARGA DAN KEPERCAYAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com),” Diponegoro Journal of Management, vol. 7, no. 1, pp. 10–29, 2018, doi: 10.2/JQUERY.MIN.JS.

S. Tinggi, I. Ekonomi, and M. S. Tinggi, “ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta) 1 st Serly Marlina, 2 nd Ir. Ginanjar Syamsuar, ME”.

Ahmad Luthfi Teguh Adinegoro, “ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA PADA WEBSITE E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN USABILITY TESTING DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” Untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Komputer, vol. 4, pp. iii–138, 2018.

D. T. examiner Siahaan, “Manajemen pemasaran = Marketing management,” 2009, Accessed: Dec. 17, 2023. [Online]. Available: https://lib.ui.ac.id

Fresha Kharisma, “PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA ALL NEW AVANZA ( STUDI PADA PELANGGAN DI DEALER AUTO 2000 A.YANI),” Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, vol. 5, pp. 1–7, 2017.

“View of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV BINTANG BERLIAN.” Accessed: Dec. 16, 2023. [Online]. Available: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/5637/5680

C. Gudiato, E. Sediyono, and I. Sembiring, “Analisis Sistem E-Commerce pada Shopee untuk meningkatkan daya saing menggunakan metode S.W.O.T.,” Journal of Information Technology, vol. 2, no. 1, pp. 6–10, Mar. 2022, doi: 10.46229/jifotech.v2i1.294.

I MADE YULIARA, “REGRESI LINIER SEDERHANA,” Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, pp. i–10, 2016.

M. ŞAHİN and E. AYBEK, “Jamovi: An Easy to Use Statistical Software for the Social Scientists,” International Journal of Assessment Tools in Education, vol. 6, no. 4, pp. 670–692, Jan. 2020, doi: 10.21449/ijate.661803.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

R. P. Christian and L. Mananeke, “PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BPJS DI RSUD SAM RATULANGI TONDANO,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 4, no. 2, pp. 121–132, Jun. 2016, doi: 10.35794/EMBA.4.2.2016.12541.

S. Penetapan, H. Terhadap, K. Konsumen, D. Bakpao, A. Medan Natalea, and D. Anggrani, “Strategi Penetapan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Bakpao Aeng Medan,” Prosiding Seminar Nasional Sosial, Humaniora, dan Teknologi , pp. 264–267, Jul. 2022, Accessed: Dec. 16, 2023. [Online]. Available: https://www.journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/senashtek/article/view/342

P. K. Penggunaan et al., “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma,” Jurnal Riset Akuntansi, vol. 1, no. 2, pp. 249–260, May 2023, doi: 10.54066/JURA-ITB.V1I2.700.

O. Khotim Fadhli, M. Komari, A. Ni, mati Rahmatika, A. Nur Ismail, and U. K. A Wahab Hasbullah, “PENGARUH PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CV. AFCO GROUP JOMBANG,” Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 2, no. 3, pp. 855–864, Jul. 2021, doi: 10.47492/JIP.V2I3.735.

“View of Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression.” Accessed: Dec. 16, 2023. [Online]. Available: https://publisher.yccm.or.id/index.php/cisat/article/view/54/56

N. S. A. Dita, E. Bahar, and E. Roflin, “Hubungan Siklus Bioritme dengan Nilai Computer Based Test (Cbt) pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya,” Biomedical Journal of Indonesia: Jurnal Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, vol. 5, no. 2, pp. 79–87, May 2019, doi: 10.32539/BJI.V5I1.7985.

“Studi Pengaruh Aspek Visual Terhadap Tingkat Mabuk Laut Menggunakan Head Mounted Display (HMD) - ITS Repository.” Accessed: Dec. 17, 2023. [Online]. Available: https://repository.its.ac.id/91177/

H. Saleh, N. Ismail, and A. Adamy, “Hubungan Realisasi Anggaran Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dengan Cakupan Indikator Kesehatan Ibu di Aceh Periode 2013-2015,” Jukema (Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh), vol. 4, no. 2, pp. 339–348, Oct. 2018, doi: 10.37598/JUKEMA.V4I2.645.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062