PERANCANGAN UI/UX APLIKASI INTEGRASI TEKNOLOGI FINANSIAL "FIHUB" MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN

Annisa Rachman, Yodhi Anugrah Damar Saputra, Muhammad Hafidz, Zam Afuw Imama Sugiman, Yoga Sahria

Abstract


FiHub adalah aplikasi finansial inovatif berbasis mobile yang bertujuan untuk mengatasi masalah kompleks yang dihadapi oleh Generasi Z (Gen Z) dan Milenial dalam mengelola keuangan pribadi. Dengan mengintegrasikan semua aspek keuangan dalam satu platform yang user-friendly, FiHub memberikan solusi bagi pengguna dalam mengelola kartu kredit, kartu debit, portofolio investasi, dan transaksi sehari-hari. Penelitian ini terfokus pada perancangan user interface dan user experience menggunakan metode user-centered design dan dilakukan pengujian cognitive walkthrough yang mencakup empat skenario kunci, yaitu pendaftaran akun, eksplorasi layanan, navigasi kartu debit dan kredit, serta eksplorasi menu. Hasil menunjukkan peningkatan kemanfaatan seiring penggunaan aplikasi. Untuk kelompok pengguna umum, "Daftar Akun" memiliki tingkat keberhasilan langsung sebesar 20,2%, meningkat menjadi 83,3% untuk "Eksplorasi Semua Menu." Seluruh pertanyaan kemanfaatan mendapat tanggapan positif, menandakan kemudahan penggunaan dan pendapat menguntungkan tentang FiHub. Untuk kelompok pengguna yang paham UI/UX, tingkat keberhasilan konsisten tinggi di seluruh skenario. Pendekatan ini mengungkapkan masalah kemanfaatan minimal dan memperoleh kepuasan pengguna yang tinggi. Umpan balik yang mencolok mengusulkan penyesuaian pada penempatan tombol. Temuan ini memberikan wawasan berharga untuk peningkatan UI/UX dalam FiHub.

Full Text:

PDF 625-633

References


Badan Pusat Statistik, “Analisis Profil Penduduk Indonesia,” Jakarta, Jun 2022.

E. D. Viana, F. Febrianti, dan F. R. Dewi, “Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek,” Jurnal Manajemen dan Organisasi, vol. 12, no. 3, hlm. 252–264, Jan 2022, doi: 10.29244/jmo.v12i3.34207.

K. Laturette, L. P. Widianingsih, dan L. Subandi, “Literasi Keuangan Pada Generasi Z,” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), vol. 9, no. 1, hlm. 131–139, Apr 2021, doi: 10.26740/jpak.v9n1.p131-139.

H. Rizqi Annisa Sita Ramadanti, J. Nawir, dan Marlina, “Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Cashless Society,” Jurnal Visionida, vol. 7, no. 2, hlm. 96–109, Des 2021, doi: 10.30997/jvs.v7i2.4488.

Syifa Nur Aini, Wahyudi, dan Tri Siswantini, “Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta di Masa Pandemi,” JRB-Jurnal Riset Bisnis, vol. 5, no. 1, hlm. 74–85, Okt 2021, doi: 10.35814/jrb.v5i1.2605.

R. Saputra, “Analisis Faktor Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z Di Bandung,” Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan (JIKA), vol. 9, no. 1, hlm. 41–57, Mei 2020, doi: 10.34010/jika.v9i1.2679.

N. Handayani, F. Fandhilah, dan H. Mayatopani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Destinasi Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Human Centered Design,” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 7, no. 1, hlm. 35–43, 2023, doi: 10.35145/joisie.v7i1.2907.

Y. S. Jamilah dan A. C. Padmasari, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.co,” TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, vol. 9, no. 1, hlm. 73–88, Apr 2022, doi: 10.26858/tanra.v9i1.29458.

I. Adhiya Adha, A. Voutama, dan A. Ali Ridha, “Perancangan UI/UX Aplikasi Ogan Lopian DISKOMINFO Purwakarta Menggunakan Metode Design Thinking,” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 7, no. 1, hlm. 55–70, Jun 2023.

R. Rizkina, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode UCD Pada Website PMKS Pendataan Anak Yatim Lombok Tengah,” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, vol. 10, no. 1, hlm. 32–40, Mar 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim

S. Ernawati dan A. Dwi Indriyanti, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) (Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika),” JEISBI, vol. 3, no. 4, hlm. 91–102, 2022.

Y. Indah Hasari, A. Febriansyah, dan Z. Septia Anzana, “Penerapan Metode User Centered Desain Pada Perancangan Interface Aplikasi Pemesanan Dan Pembayaran Tiket Bioskop Berbasis Mobile,” Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, vol. 8, no. 2, hlm. 2022, Des 2022, doi: 10.37058/jssainstek.v8i2.6254.

D. S. Mubiarto, R. Rizal Isnanto, dan I. P. Windasari, “Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi ‘BCA Mobile’ Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” Jurnal Teknik Komputer, vol. 1, no. 4, hlm. 209–216, 2023, doi: 10.14710/jtk.v1i4.37686.

A. G. Pamangki dan N. A. Prasetyo, “Rancang Bangun UI/UX pada Website Label Rekaman Indie Nahitudia Records Menggunakan Metode User Centered Design,” Journal Informatic and Information Technology, vol. 1, no. 1, hlm. 9–16, Feb 2022, doi: 10.20895/ledger.v1i1.777.

N. R. Wiwesa, “USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,” Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 3, no. 2, hlm. 17–31, Jun 2021.

D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol. 13, no. 2, hlm. 130–143, Agu 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.6584.

M. S. A. ABDUL GHANI dan S. N. WAN SHAMSUDDIN, “DEFINITIONS AND CONCEPTS OF USER EXPERIENCE (UX): A LITERATURE REVIEW,” International Journal of Creative Future and Heritage (TENIAT), vol. 8, no. 1, hlm. 130–143, Mar 2020, doi: 10.47252/teniat.v8i1.292.

W. A. Siregar, R. S. Hardinata, dan M. S. Novelan, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LOKASI PARIWISATA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD),” Jurnal Darma Agung, vol. 30, no. 1, hlm. 459–468, 2022, doi: 10.46930/ojsuda.v30i1.2227.

A. Tiyasa, N. K. A. Wirdiani, dan N. K. D. Rusjayanthi, “Analysis and design of UI and UX of the Taring application using goal-directed design and cognitive walkthrough methods,” MATRIX : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, vol. 13, no. 3, hlm. 142–156, Nov 2023, doi: 10.31940/matrix.v13i3.142-156.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062