INTEGRASI GAMIFIKASI DALAM APLIKASI SAMPAH TUKAR: DESAIN UI/UX UNTUK PERTUKARAN SAMPAH DENGAN MATA UANG DIGITAL

Muhammad Ammar Rasendriya, Krisna Rizki Fauzi, Juliana Anggun Puspita Sari, Rasijah Amanda Sinaga, Raden Deasy Mandasari

Abstract


Dalam menghadapi masalah sampah yang terus meningkat, termasuk di Indonesia, penumpukan sampah yang semakin tak terkendali menimbulkan ancaman lingkungan yang signifikan. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan solusi untuk mengurangi jumlah sampah yang terus bertambah. Penelitian ini mengusulkan pengembangan aplikasi yang memfasilitasi pertukaran sampah daur ulang dengan uang digital (e-money) dan pulsa. Aplikasi ini bertujuan untuk menyederhanakan proses pertukaran sampah dan mengatasi keterbatasan pada aplikasi yang sudah ada. Aplikasi yang diusulkan mengintegrasikan elemen-elemen gamifikasi, meningkatkan keterlibatan pengguna melalui insentif berbasis poin. Selain itu, aplikasi ini memanfaatkan uang digital sebagai mekanisme penghargaan, sejalan dengan tren transaksi digital. Metodologi penelitian melibatkan wawancara dan tinjauan literatur untuk mengumpulkan informasi, seperti flowchart, use case diagram, dan activity diagram. Desain sistem proses pertukaran sampah, pertukaran poin, dan riwayat transaksi. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas aplikasi ini dalam menyederhanakan proses pertukaran sampah, menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, dan memastikan transaksi yang aman. Pengguna dapat meminta pengambilan sampah, melacak riwayat transaksi, dan menukar poin yang diperoleh menjadi uang digital atau pulsa. Inisiatif ini tidak hanya mengatasi masalah lingkungan, tetapi juga mendorong rasa tanggung jawab di kalangan masyarakat, pada pengelolaan sampah di Indonesia.

Full Text:

PDF 601-610

References


S. Cahyati and Y. Ramdhani, “Aplikasi android monitoring tempat sampah pintar berbasis internet of things,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 112–121, 2021.

Y. Pratama, S. N. rizki Hermawan, A. Aziz, and D. Krisbiantoro, “Aplikasi Poin Sampah Sebagai Daya Tarik Penukaran Limbah Sampah Di Ksm Bima Berbasis Mobile,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 11, no. 3, 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3259.

A. Novianti, “Literature Review : Analisis Metodologi Dan Bidang Penerarapan Dalam Perancangan Aplikasi Mobile,” no. April, pp. 1–6, 2022.

Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, and Shilka Dina Anwariya, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya,” J. Buana Pengabdi., vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021, doi: 10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542.

N. Devita Sari, B. Seprianto, an Ali Nashoha, P. Teknologi Informasi, F. Ilmu Pendidikan, and F. Sains dan Teknologi, “Perancangan UI Design Aplikasi Monitoring Tanaman Berbasis Mobile (Android),” Teknol. Inf. Komputer), vol. 2, no. 2, pp. 79–86, 2023.

J. R. Fauzi, “Algoritma Dan Flowchart Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah Disusun Oleh Universitas Janabadra Yogyakarta 2020,” J. Tek. Inform., no. 20330044, pp. 4–6, 2020.

A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 102–111, 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.

A. Julianti and A. Mubarok, “Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web Pada Café Coffee Holidays,” eProsiding Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 218–222, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi

A. A. Irawan and N. Neneng, “Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus Sma Fatahillah Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 245–253, 2021, doi: 10.33365/jatika.v1i2.620.

Ibnu Rusdi, A. Sri Mulyani, and I. Herlina Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pembelian Pada Cv.Cimanggis Jaya Depok,” J. AKBAR JUARA, vol. 5, no. 2, pp. 180–197, 2020.

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and Mira Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. …, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022, [Online]. Available: https://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/110/88

M. Tabrani and I. Rezqy Aghniya, “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 1, pp. 44–53, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i1.65.

B. Kurniawan and M. Romzi, “Perancangan Uiux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf. Mahakarya, vol. 05, no. 1, pp. 1–7, 2022.

M. Saefudin and S. Ahmad Perdana, “Digital System Ui/Ux Design Management Submission of Agricultural Cost Loans Using Figma Software,” Issue Period, vol. 7, no. 1, pp. 74–85, 2023, doi: 10.52362/jisicom.v7i1.1090.

A. Manusakerti and M. Wibowo, “Rancangan dan Evaluasi Usability Pada Aplikasi Website Media Pembelajaran Cyberbullying Menggunakan Metode Gamifikasi,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 4, p. 2140, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i4.4627.

Y. A. Rikmadani, “Tantangan Hukum E-Commerce Dalam Regulasi Mata Uang Digital (Digital Currency) Di Indonesia,” SUPREMASI J. Huk., vol. 3, no. 2, pp. 177–192, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062