DIGITALISASI SISTEM ADMINISTRASI DESA KARANGANYAR MELALUI APLIKASI BERBASIS WEB

Agus Alfin 'Afifan

Abstract


Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, manusia mendapatkan kemudahan dalam melakukan kegiatan baik dalam bidang pendidikan, pembangunan, maupun bidang pemerintahan. Tetapi, kebanyakan pemerintahan desa yang ada di Indonesia masih belum memanfaatkan adanya perkembangan teknologi denngan maksimal.Salah satunya adalah pemerintah Kantor Desa Karanganyar yang masih menggunakan metode manual dalam melakukan pengelolaan data administrasi. Pengelolaan data administrasi dilakukan dengan cara petugas mencatat setiap data kedalam sebuah buku. Metode pengelolaan seperti ini membutuhkan waktu yang lama dan rentan terhadap kesalahan pencatatan data. Tulisan ini disusun dengan tujuan untuk membangun sebuah aplikasi administrasi untuk kantor Desa Karanganyar. Dalam proses pengembangannya, aplikasi ini menggunakan metode (SDLC) yang menggunakan model pengembangan waterfall. Bahasa yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah javascript dengan memanfaatkan framework react.js sebagai frontend dan untuk backend-nya menggunakan express.js. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang akan dikembangkan dapat membantu proses administrasi data yang lebih rapi dan lebih mudah dalam pengelolaan dan pemeliharaan data. 

Full Text:

PDF 592-600

References


R. Bangun et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (I Gusti Ngurah Swala Putra) Framework Laravel,” vol. 9, no. 2, 2020.

A. Herliana and A. Bsi Bandung, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DATA PRIBADI DAN NILAI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS UNIVERSITAS KEBANGSAAN BANDUNG),” 2014.

F. Rahman, J. Teknik Informatika, P. A. Negeri Tanah Laut Jl Yani Km, and P. Tanah Laut Kalimantan Selatan, “APLIKASI PEMESANAN UNDANGAN ONLINE,” 2015.

Paryanta et. al., “2980-7922-2-PB,” Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Desa Sawahan, vol. 3, no. 2, 2017.

Noviantoro et. al., “88-103+Agung+Noviantoro,+Amelia+Belinda+Silviana,+Risma+Rahmalia+Fitriani,+Hanum+Putri+Permatasari,” Jurnal Teknik dan Science, vol. 1, no. 2, 2022.

A. Sahi, “APLIKASI TEST POTENSI AKADEMIK SELEKSI SARINGAN MASUK LP3I BERBASIS WEB ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” 2020. [Online]. Available: http://www.php.net.

Yy. Marwanta, “IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MICROSERVICE PADA PEMBUATAN SURAT UNIT KEGIATAN MAHASISWA INFORMATIKA DAN KOMPUTER MENGGUNAKAN NODE.JS,” 2019.

F. Rosi, D. Setiawan, R. Rizkiana, P. Institut, T. Adhi, and T. Surabaya, “Sistem Pemesanan Bahan Baku Franchise Doyan Group,” Prosiding Seminar Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 1, no. 2, 2022, doi: 10.31284/p.semtik.2022-1.3076.

Fajrin R, “Pengembangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Node.JS untuk Pemetaan Mesin dan Tracking Engineer dengan Pemanfaatan Geolocation pada PT IBM Indonesia,” 2017. [Online]. Available: http://jurnal.pcr.ac.id

A. Andoyo, A. Sujarwadi, S. Pringsewu -Lampung, and J. W. Rini, “SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA DESA TRESNOMAJU KECAMATAN NEGERIKATON KAB. PESAWARAN,” 2014.

A. S. Munir and Junaedy, “RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN DATA KULIAH KERJA LAPANG PLUS MEMANFAATKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, p. 203, 2017.

R. Agusli, Sutarman, and Suhendri, “Sistem Pakar Identifikasi Tipe Kepribadian Karyawan Menggunakan Metode Certainty Factor,” 2017.

P. Ninuk Wiliani, N. Wiliani, and S. Zambi, “RANCANG BANGUN APLIKASI KASIR TIKET NONTON BOLA BARENG PADA X KASIR DI SUATU LOKASI X DENGAN VISUAL BASIC 2010 DAN MYSQL,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 6, no. 2, 2017.

R. Julianti, M. Dzulhaq, and A. Subroto, “Sistem Informasi Pendataan Alat Tulis Kantor Berbasis Web pada PT Astari Niagara Internasional,” 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062