RANCANG BANGUN CHATBOT WHATSAPP MENGGUNAKAN NODE JS DAN MODEL NATURAL LANGUANGE PROCESSING UNTUK LAYANAN PPDB SMK YPC TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3846Abstract Views: 1524 File Views: 1017
Abstract
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah salah satu program tahunan yang dilakukan oleh semua sekolah dalam rangka menerima siswa barunya. media komunikasi online seperti whatsapp selalu menjadi pilihan utama saat ini oleh sekolah dan masyarakat dalam berinteraksi terutama perihal dalam PPDB, namun sering menjadi kendala yaitu terlambatnya balasan pesan dari Admin PPDB kepada Masyarakat yang mencari info PPDB melalui obrolan di Whatsapp. Maka untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibuatkannya sistem balasan otomatis melalui whatsapp dengan menerapkan teknologi machine learning agar pesan balasan yang dikirim akurat sesuai yang inginkan oleh pengirim pesan. Pada penelitian ini, akan dibangun sebuah Sistem Chatbot pada Whatsapp menggunakan node js dan menerapkan model Natural Language Processing. Hasil pengujian sistem tersebut, menunjukan bahwa sistem berfungsi dengan baik dalam merespon pesan yang dikirim melalui Whatsapp baik itu dari teks pesan sesuai pola maupun teks yang tidak sesuai pola dengan tingkat akurasinya bernilai 92%.Downloads
References
M. Muslih, A. S. Prabowo, E. R. Pramudya, A. Soeleman, and S. Sarwadi, “Pelatihan SDM Sekolah KKM MA Mranggen dalam Pembuatan Konten Media Sosial untuk Branding Institusi sebagai Media Promosi PPDB,” ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, vol. 5, no. 3, p. 579, Oct. 2022, doi: 10.33633/ja.v5i3.679.
O. Haryadi, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada SMK Hasanah Kota Pekanbaru,” Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 72–75, Dec. 2022, doi: 10.52622/mejuajuajabdimas.v2i2.71.
D. Fajar Ramadhan, S. Noertjahjono, and J. Dedy Irawan, “PENERAPAN CHATBOT AUTO REPLY PADA WHATSAPP SEBAGAI PUSAT INFORMASI PRAKTIKUM MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE MARKUP LANGUAGE,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 4, no. 1, pp. 198–205, Sep. 2020, doi: 10.36040/jati.v4i1.2375.
M. F. Fadli, G. A. Buntoro, and F. Masykur, “PENERAPAN ALGORITMA NEURAL NETWORK PADA CHATBOT PMB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO BERBASIS WEB,” JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, vol. 6, no. 1, pp. 13–22, Feb. 2023, doi: 10.32524/jusitik.v6i1.786.
A. Elcholiqi and A. Musdholifah, “Chatbot in Bahasa Indonesia using NLP to Provide Banking Information,” IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), vol. 14, no. 1, p. 91, Jan. 2020, doi: 10.22146/ijccs.41289.
M. A. Nugroho, A. Damayanti, M. F. Rifai, and S. Windarti, “PENGEMBANGAN APLIKASI QnA UNTUK PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STMIK AKAKOM,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 3, no. 1, pp. 18–23, Jan. 2021, doi: 10.24076/JOISM.2021v3i1.408.
Erlina, R. G. Pratama Simamora, H. Rasjid, and B. L. Basyah, “APLIKASI CHATBOT ONLINE UNTUK PEMESANAN TIKET BIOSKOP MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING,” Jurnal Nasional Teknologi Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 127–141, Jun. 2023, doi: 10.61306/jnastek.v3i3.84.
Lubis A and Sumartono I, “Implementasi Layanan Akademik Berbasis Chatbot untuk Meningkatkan Interaksi Mahasiswa,” RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi, vol. 3, no. 5, pp. 397–403, May 2023.
E. Mursidah, L. Ambarwati, A. Karima, K. Kunci, : Chatbot, and M. Baru, “IMPLEMENTASI CHATBOT LAYANAN INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA DEPARTEMEN TEKNIK INFORMATIKA ITS,” 2022.
Alviando L, Bhawiyuga A, and Kartikasari D P, “Penerapan Websocket pada Sistem Live Chat berbasis Web (Studi Kasus Website Kwikku.com),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , vol. 7, no. 2, pp. 854–862, Feb. 2023.
G. P. M. Putra, A. Tenriawaru, and Gunawan, “Rancang Bangun Virtual Assistant Chatbot Menggunakan Node.Js pada Layanan Sistem Informasi Akademik,” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PEMANFAATAN SAINS DAN TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 1, no. 1, pp. 345–352, 2023.
M. Salam, “WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 2, p. 198, Jul. 2020, doi: 10.36709/jpm.v11i2.11675.