ANALISIS PENERIMAAN LEARNING MANAJEMEN SISTEM JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

surahmat surahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan Learning Management System pada Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Data yang diperoleh di analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioural intention to use. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perceived usefulness memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan perceived ease of use terhadap behavioural intention to use. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerimaan mahasiswa terhadap Learning Management Sistem pada Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya cukup tinggi. Oleh karena itu, pengembangan LMS pada Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya harus memperhatikan faktor kegunaan agar dapat meningkatkan penerimaan mahasiswa terhadap LMS. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan memperluas sampel penelitian ke seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penerimaan mahasiswa terhadap LMS. 

Full Text:

PDF 526-530

References


K. P. Hastuti, P. Angriani, E. Alviawati, and D. Arisanty, “The perspective of geography education students on the implementation of online learning during covid-19 pandemic,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, IOP Publishing, 2021, p. 012012.

S. Tambun, H. Heryanto, M. Mulyadi, R. R. Sitorus, and R. R. Putra, “Pelatihan Aplikasi Olah Data SmartPLS Untuk Meningkatkan Skill Penelitian Bagi Dosen Sekolah Tinggi Theologia Batam,” Jurnal Pengabdian Undikma, vol. 3, no. 2, pp. 233–240, 2022.

A. S. Al-Adwan, N. Li, A. Al-Adwan, G. A. Abbasi, N. A. Albelbisi, and A. Habibi, “Extending the technology acceptance model (TAM) to Predict University Students’ intentions to use metaverse-based learning platforms,” Educ Inf Technol (Dordr), pp. 1–33, 2023.

F. Said et al., “Studi Kelayakan Pembukaan Program Studi Terapan Destinasi Pariwisata Di Politeknik Pariwisata Lomnok,” 2020.

D. Fecira And T. M. K. Abdullah, “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, vol. 2, no. 04, pp. 35–50, 2020.

M. O. Alassafi, “E-learning intention material using TAM: A case study,” Mater Today Proc, vol. 61, pp. 873–877, 2022.

O. Usman and S. A. Wal Azzah, “The Influence of Perceptions of Usefulness, Easy, and Efficiency of Using Learning Management System on Student Learning Outcomes,” The Influence of Perceptions of Usefulness, Easy, and Efficiency of Using Learning Management System on Student Learning Outcomes (June 5, 2022), 2022.

Y. H. Al-Mamary, A. A. Abubakar, and M. Abdulrab, “The effects of the expectation confirmation model (ECM) and the technology acceptance model (TAM) on learning management systems (LMS) in sub-saharan Africa,” Interactive Learning Environments, pp. 1–17, 2023.

L. Mosalanejad and S. Maghsodzadeh, “Evaluation of the Feasibility and Usefulness of the LMS Acceptance Questionnaire: Technology Confirmation During the Covid-19 Pandemic in Medical Students Users in Iran,” Strides in Development of Medical Education, vol. 19, no. 1, pp. 75–83, 2022.

S. E. Yoyo Sudaryo, A. MM, N. A. S. Efi, S. E. R Adam Medidjati, and A. Hadiana, Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi, 2019.

Y. Utomo, A. Y. Tripariyanto, and D. A. Setiyorini, “Model Penerimaan Teknologi dalam Penggunaan LMS Virlenda,” JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, vol. 6, no. 1, pp. 62–78, 2022.

J. Permana and D. Nurdin, “Students’satisfaction With Learning Using E-Learning Based On Gender,” in Proceedings of International Conference on Education, 2023.

T. Udin, S. Maufur, and O. R. Riyanto, “Student’s Self‐Efficacy and Perceptions of Online Learning on the Use Learning Management System,” Journal of Education Technology, vol. 6, no. 1, pp. 165–172, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062