VIRTUAL REALITY TOUR MUSEUM LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SIX DEGREE OF FREEDOM
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3787Abstract Views: 144 File Views: 304 File Views: 0
Abstract
Museum Lampung sebagai objek wisata artefak memiliki peran penting terhadap peradaban manusia. Berbagai macam jenis artefak dan budaya yang ada di Museum Lampung selama ini hanya bisa dilihat secara langsung dengan mengunjungi lokasi. Kemajuan teknologi Virtual Reality (VR) memudahkan para pengunjung museum melihat berbagai jenis artefak secara lebih mudah, praktis, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan solusi agar wisatawan dapat melihat benda-benda serta budaya-budaya yang berada di Museum Lampung tanpa berkunjung ke lokasi melalui penggunaan perangkat VR dengan teknik six degree of freedom. Pengembangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode waterfall. Aplikasi VR Tour Museum Lampung yang dirancang melalui Unity telah berhasil berfungsi sesuai tujuan perancangan. Hasilnya adalah dikembangkannya aplikasi VR Tour Museum Lampung sehingga wisatawan dapat melihat artefak tanpa harus berkunjung ke Museum Lampung, dapat menghasilkan suatu tampilan pada perangkat VR dengan teknik six degree of freedom, serta dapat menampilkan 10 artefak pada aplikasi VR Tour Museum Lampung.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Additional Files
Published
2024-01-02
How to Cite
Bahtiar, F. I. (2024). VIRTUAL REALITY TOUR MUSEUM LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SIX DEGREE OF FREEDOM. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3787
Issue
Section
Articles