VIRTUAL REALITY TOUR MUSEUM LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SIX DEGREE OF FREEDOM

Fa'iq Irhab Bahtiar

Abstract


Museum Lampung sebagai objek wisata artefak memiliki peran penting terhadap peradaban manusia.  Berbagai macam jenis artefak dan budaya yang ada di Museum Lampung selama ini hanya bisa dilihat secara langsung dengan mengunjungi lokasi.  Kemajuan teknologi Virtual Reality (VR) memudahkan para pengunjung museum melihat berbagai jenis artefak secara lebih mudah, praktis, dan efisien.  Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan solusi agar wisatawan dapat melihat benda-benda serta budaya-budaya yang berada di Museum Lampung tanpa berkunjung ke lokasi melalui penggunaan perangkat VR dengan teknik six degree of freedom.  Pengembangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode waterfall. Aplikasi VR Tour Museum Lampung yang dirancang melalui Unity telah berhasil berfungsi sesuai tujuan perancangan. Hasilnya adalah dikembangkannya aplikasi VR Tour Museum Lampung sehingga wisatawan dapat melihat artefak tanpa harus berkunjung ke Museum Lampung, dapat menghasilkan suatu tampilan pada perangkat VR dengan teknik six degree of freedom, serta dapat menampilkan 10 artefak pada aplikasi VR Tour Museum Lampung.

Full Text:

PDF 428-440


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062