IMPLEMENTASI METODE SDLC DALAM TRANSFORMASI DESA MELALUI INOVASI APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3769Abstract Views: 749 File Views: 698
Abstract
Desa sebagai elemen terkecil dalam struktur pemerintahan, memiliki peran vital dalam membentuk kehidupan masyarakat lokal. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, transformasi desa menjadi imperatif untuk menjawab kebutuhan warganya secara relevan dan efektif. Desa bukan hanya pusat kehidupan sehari-hari, melainkan juga pusat ekonomi, sosial, dan budaya. Menghadapi arus globalisasi, perubahan demografi, dan tuntutan pembangunan berkelanjutan, desa dihadapkan pada tantangan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dalam konteks ini, pemanfaatan teknologi informasi, terutama melalui aplikasi pengaduan masyarakat berbasis mobile Android, menjadi solusi inovatif. Aplikasi ini memungkinkan partisipasi aktif warga dalam pengelolaan desa, memberikan keluhan, dan melaporkan permasalahan secara real-time. Metode penelitian SDLC digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini, memastikan implementasi yang terstruktur dan efektif. Hasil pengujian black box menunjukkan keberhasilan aplikasi dengan antarmuka yang responsif dan efisien dalam pelaporan masalah, mencerminkan peningkatan partisipasi warga dan transparansi pemerintahan. Dengan demikian, melalui inovasi aplikasi pengaduan masyarakat berbasis mobile Android, desa dapat menjadi lebih inklusif, responsif, dan berdaya saing, berpotensi menjadi model untuk desa-desa lain dalam menghadapi dinamika sosial, ekonomi, dan lingkungan yang terus berkembang.Downloads
References
N. G. Bunga, “Pengelolaan bumdes dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa di desa umanen lawalu kecamatan malaka tengah kabupaten malaka,” vol. 1, no. 4, pp. 91–106, 2023.
M. Ajib and A. Habiburrahman Aksa, “Dampak Perkembangan Teknologi Pertanian Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Petani,” Al-I’timad J. Dakwah dan Pengemb. Masy. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 19–41, 2023, doi: 10.35878/alitimad.v1i1.725.
T. Sumarno and A. Mubarok, “Aplikasi Pengaduan Masyarakat Terhadap Infrastruktur Bebasis Android Pada Desa Sindangsari,” Competitive, vol. 16, no. 2, pp. 80–86, 2021, doi: 10.36618/competitive.v16i2.1487.
T. Alisyahbana, “Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Desa Tanjung Dalam Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Android,” JUPITER (Jurnal Penelit. Ilmu dan Tek. …, pp. 345–355, 2022.
H. M. Nur and V. Maarif, “Sistem Informasi Pengaduan Perbaikan Jalan Desa (Program SIG) Berbasis Web,” Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 50–57, 2023, doi: 10.31294/coscience.v3i2.1963.
I. M. Kuding and I. Irwansyah, “Pemanfaatan Ragam Aplikasi Seluler Antikorupsi dalam Upaya Pencegahan Korupsi,” J. Komun., vol. 12, no. 2, p. 263, 2020, doi: 10.24912/jk.v12i2.8626.
M. H. Tamrin et al., “Optimalisasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Menuju Kalanganyar sebagai Desa Digital Deasy Arieffiani Zainal Abidin Achmad,” J. Pengabdi. dan Penerapan IPTEK (JPP IPTEK), vol. 6, no. 2, pp. 127–134, 2022, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.3612.
I. B. M. Mahendra, “Aplikasi Desa Wisata Berbasis Android,” JELIKU (Jurnal Elektron. Ilmu Komput. Udayana), vol. 8, no. 3, p. 361, 2020, doi: 10.24843/jlk.2020.v08.i03.p20.
E. Sukmawati, H. Fitriadi, Y. Pradana, H. Trustisari, and P. A. Wijayanto, DIigitalisasi Sebagai Pengembangan Model, vol. 6, no. 2. 2022. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=hx5-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=teori+gestalt&ots=HtDgCFMqRn&sig=c9EAZ4DE52A2YixeI7xEZDu8zTs
H. Muhaimin et al., “Etika Pemerintah Dalam Penyelengaraan Layanan Publik Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kepercayaan Masyarakat,” J. Law Gov., vol. 1, no. 2, pp. 122–132, 2023.
I. D. G. A. P. Narayana and I. Amri, “Jurnal - Penerapan Aplikasi Pelayanan Rakyat Online Sebagai Layanan Pengaduan Publik di Diskominfo Kota Denpasar Provinsi Bali,” Penerapan Apl. Pelayanan Rakyat Online Sebagai Layanan Pengaduan Publik di Disk. Kota Denpasar Provinsi Bali, vol. 3, no. 1, pp. 1–17, 2023.
W. Rizki, R. Rayuwati, and H. Gemasih, “Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Mata Kuliah Dengan Metode Sdlc (Cystem Development Life Cycle),” J. Tek. Inform. dan Elektro, vol. 4, no. 1, pp. 36–45, 2022, doi: 10.55542/jurtie.v4i1.113.
M. V. Al Hasri and E. Sudarmilah, “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 2, pp. 249–260, 2021, doi: 10.30812/matrik.v20i2.1056.
A. T. Rohman and M. A. Romli, “Innovations in Interior Room Design using Markerless Augmented Reality Mobile-based Simultaneous Localization and Mapping Algorithm,” Int. J. Comput. Appl., vol. 185, no. 36, pp. 18–25, 2023, doi: 10.5120/ijca2023923148.
Sunardi, A. G. Bertaqwa, and D. Sofian MZ, “Aplikasi Pedagang Sayur Untuk Daftar Harga Bahan Pangan Subsistem Aplikasi Android Untuk Pedagang,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 4, no. 2, pp. 85–93, 2022, doi: 10.35746/jtim.v4i2.203.
D. Danang and Z. Mustofa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Anggota Berbasis Web Menggunakan Metode Sdlc,” J. Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 3, pp. 22–30, 2022, doi: 10.55606/jumbiku.v1i3.4.
D. Mallisza, H. S. Hadi, and A. T. Aulia, “Implementasi Model Waterfall Dalam Perancangan Sistem Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website Dengan Metode SDLC,” J. Tek. Komputer, Agroteknologi Dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 24–35, 2022, doi: 10.56248/marostek.v1i1.9.