RANCANG BANGUN APLIKASI GAME PENGENALAN ORGAN PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN UNITY

Ferdy Hernanza, Abdullah -, Abdullah Abdullah, Dwi Yuli Prasetyo, Dwi Yuli Prasetyo

Abstract


Penggunaan Aplikasi Game sebagai media Alternatif dalam Pembelajaran bukanlah sebuah hal yang asing. Game tidak hanya digunakan untuk menghilangkan rasa jenuh tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan. Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(IPA), terdapat berbagai jenis materi belajar, termasuk pembelajaran mengenai Organ Pencernaan Manusia. Belajar dengan hanya membaca buku terkadang bisa terasa membosankan, oleh karena itu metode pembelajaran alternatif yang menggunakan media interaktif seperti game juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa bosan saat belajar. Metode yang digunakan dalam pembuatan video game ini disebut Game Development Life Cycle atau GDLC yang memiliki 6 tahapan, yaitu Inisiasi, Pra-Produksi, Produksi, Testing, Beta, dan Release. Video Game dibuat menggunakan Game Editor untuk mempermudah dalam pembuataan Video game dan game editor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unity. Hasil dari Penelitian ini berupa aplikasi game yang dapat dimainkan secara offline/tanpa internet dan aplikasi ini juga dapat mainkan menggunakan smartphone. Didalam Aplikasi ini terdapat tiga permainan Kuis yang membahas mengenai organ Pencernaan Manusia, tujuan permainan kuis ini adalah untuk mengenalkan Organ Pencernaan Manusia kepada Pengguna Aplikasi.

Full Text:

PDF 365-371

References


R. P. Dhaniawaty, A. L. Suci, and B. Hardiyana, “Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Mengenai Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VII,” Jurnal Teknologi dan Informasi., vol. 11, no. 2, 2021.

E. V. Sihite, and R. Rosnelly, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android,” InfoSys Journal, Vol 5 No 2, pp. 123-132 2021.

D. A. Adnas, “Design And Development 2d Game “Perang Gerilya Jenderal Sudirman” Using Game Development Life Cycle Method,” CoMBInES, pp. 432–441, 2022.

E. Satria , S. Rahayu ,and Jubaedi;, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Anatomi Tubuh pada Manusia Berbasis Android,” Jurnal Algoritma., Vol. 19, No. 1, pp. 69-76, 2021.

F. Kaurie et al., “Pengembangan Teknologi Game Indonesia untuk Game 2D ‘ Heroes Of Indonesia ’ Menggunakan Unity 2D Engine Berbasis Mobile,” no. 2, pp. 2483–2494, 2020.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, “Silabus Mata Pelajaran SD/MI Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam,” Jakarta, 2016.

M. A. Rohman and D. Kasoni, “Prototype Game Pencegahan Demam Berdarah Dengue Menggunakan Unity 2D,” vol. VI, no. 2, pp. 58–62, 2020.

M. D. Martha and Amrizal;, “Rancang Bangun Aplikasi Control Glue Dengan C# Pada PT Sat Nusapersada.Tbk” Jurnal COMASIE., Vol. 07 No. 04, 2022.

W. R. Eka, P. Tio , I. P. Ade, R. K. Arif, and N. Odi, “Game Edukasi “Nihongo Kurabu” Belajar Bahasa Menggunakan Unity 2D Berbasis Android” Information Management For Educators And Professionals Vol. 6, No. 1 , 71 - 80, 2021.

N. Fuad and I. F. Muh, “Game Edukasi Mengenal Huruf Hijaiyah untuk Anak Usia Dini berbasis Mobile (Studi Kasus : DTA Nurul Muttaqien)” Media Jurnal Informatika Vol.13, No.2, hlm. 92-100, 2021.

R. A. Krisdiawan, and ;Darsanto, “Penerapan Model Pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle ) Dalam Membangun Game Platform Berbasis Mobile,” TEKNOKOM Vol. 2 No. 1, 2019.

F. Wahyuni, “Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini,” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan. Vol. 15 No. 1, 2020.

Olisna;, Z. Milhatun, S. Auliani , and N. A. Ani, “Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 3, 4133 - 4143, 2022.

B. Rianto and I. Alsa., “Perancangan Aplikasi Promosi Universitas Islam Indragiri Berbasi Multimedia Interaktif,” Jurnal Selodang Mayang, Vol. 7 No. 1, 2021.

B. R. Adyaksa, “Komposisi Musik Untuk Video Game Rpg,” UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062