EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE IBIS PAINT X MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Authors

  • Luthfi Nur Azizah University of AMIKOM Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3726

Abstract Views: 917 File Views: 933

Abstract

Ibis Paint X menjadi media platform gambar berbasis digital yang sangat populer secara global. Dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberikan kemudahan bagi pegiat kreatif untuk mengembangkan imajinasi dan berkarya hanya dengan smartphone dan tablet. Perlu dilakukan pengujian untuk menganalisis aplikasi Ibis Paint X menggunakan metode System Usability Scale berdasarkan prinsip interaksi manusia dan komputer. Metode System Usability Scale digunakan untuk menilai pandangan pengguna dalam menggunakan aplikasi Ibis Paint X. Hasil pengujian dengan metode System Usability Scale terhadap 32 responden mendapatkan niai 64,61 yang masuk dalam Grade “C” dan mendapatkan penilaian “Okay” dalam Adjective Rating.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Gu, C. Liu, and S. Zhong, “A study on the development of urbanization in China.,” Chin J Popul Sci, vol. 10, no. 3, pp. 251–265, 1998.

R. Sholikhah and S. Nurmasitah, “International Journal of Active Learning Development of Digital Fashion Illustration Media Using Ibis Paint X Software to Improve The Competence of UNNES Fashion Students,” vol. 8, no. 2, pp. 130–140, 2023, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/47411

A. Suprapto, Dasar-dasar Interaksi Manusia dan Komputer, no. December. 2021.

P. S. Rosiana, A. R. Nurhidayat, A. A. Mohsa, and A. A. Ridha, “ANALISIS APLIKASI TIKTOK BERDASARKAN PRINSIP DAN PARADIGMA INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3271.

R. S. F. Khadar, D. Rahmat, and L. Saepuloh, “Pengembangan Media Komik Digital Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Muhammadiyah Sukabumi,” Berajah Journal, vol. 2, no. 3, pp. 410–418, 2022.

A. Z. Al Luthfi, “Analisa Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Metode Use Questionary Pada Aplikasi Duolingo,” JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), vol. 5, no. 2, pp. 267–275, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/589

I. Hamidah, Bangkit Indarmawan Nugroho, and Sarif Surorejo, “Penerapan Interaksi Manusia Dan Komputer Pada Antarmuka Sistem Informasi Akademik,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 111–120, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i1.2467.

N. Tri, A. Putra, I. Gede, A. Chandra Wijaya, I. Kadek, and D. Saputra, “Usabilty Testing Game Pubg Mobile Dengan Metode System Usabilty Scale (Sus),” Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 113–120, 2023.

L. Bayu Herdianto, “Evaluasi Sistem E-Learning PT. Otak Kanan Melalui Pengujian Blackbox Testing Dan System Usabilty Scale (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, 2023, [Online]. Available: https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet/article/view/3065

M. Makbul, “METODE PENGUMPULAN DATA DAN INSTRUMEN PENELITIAN,” vol. 10. p. 6, 2021.

Ardiansyah, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.

W. Welda, D. M. D. U. Putra, and A. M. Dirgayusari, “Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus)s,” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 4, no. 3, pp. 152–161, 2020, doi: 10.23887/ijnse.v4i2.28864.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Azizah, L. N. (2024). EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE IBIS PAINT X MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3726

Issue

Section

Articles