PERANCANGAN APLIKASI PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA KENDURUAN UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR DAN DAYA SAING BISNIS LOKAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3563

Abstract Views: 481 File Views: 670

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran sentral dalam perekonomian Indonesia, namun pemasaran dan pelayanan konsumen tetap menjadi tantangan. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya sistem berbasis web dan mobile, dianggap sebagai solusi yang potensial. Penelitian ini bertujuan dan mengembangkan sistem ini untuk pemasaran produk UMKM di Desa Kenduruan Kecamatan Sukorejo.

Pendekatan kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Analisis kebutuhan pengguna dan metode K-Means Clustering digunakan untuk mengelompokkan produk berdasarkan kategori. Hasil penelitian menunjukkan potensi pengembangan bisnis UMKM melalui sistem berbasis web dan mobile di Desa Kenduruan. Rata-rata persentase sebesar 79,75% menunjukkan respon positif pengguna terhadap aplikasi pemasaran produk UMKM, dianggap meringankan transaksi pembelian dan penjualan. Hal ini menampilkan kebutuhan untuk terus meningkatkan layanan ini.

Implikasi penelitian ini adalah sistem berbasis web dan mobile dapat mendukung UMKM Desa Kenduruan, Kecamatan Sukorejo dalam memperluas pasar dan meningkatkan pelayanan konsumen secara efektif. Metode K-Means Clustering juga memberikan kemudahan dalam pengelompokan produk. Penelitian ini menjadi referensi bagi UMKM lain dalam mengembangkan sistem serupa serta memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sektor UMKM di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Hendrawan, I. D. Perwitasari, and D. Arifin, “Aplikasi Kede Desa ( KEDES ) Untuk Digitalisasi UMKM Desa Klambir Lima Kebun,” vol. 6, no. November, pp. 868–872, 2022, doi: 10.30865/komik.v6i1.5911.

N. Denada, “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMASARKAN PRODUK UMKM KERIPIK PISANG JIDAN SNACK,” vol. 2, no. 1, pp. 3714–3731, 2020.

R. Frinando and K. Artaye, “Pengembangan Aplikasi Marketplace Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Berbasis Android,” vol. 13, no. 2, pp. 63–68, 2020.

R. R. Saedudin et al., “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Ketahanan Pangan pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Android di Desa Sukapura,” Charity, vol. 4, no. 2, p. 27, 2021, doi: 10.25124/charity.v4i2.3527.

R. Ainiyah, S. Burhan, M. Firman Ardiansyah, and D. P. Fidanti, “Pengembangan Desa Digital Sebagai Upaya Mengangkat Potensi Lokal Desa Karangrejo,” J. Agro Dedik. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 13–18, 2021, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jadm

M. Zaenuri and M. Ichsan, “Mengembangkan Pemasaran UMKM Berbasis Digital,” pp. 1030–1037, 2022.

J. F. Andry and J. Loisa, “the E-Commerce Potential for Home-Based Businesses: a Case Study,” J. Ilm. FIFO, vol. 8, no. 2, p. 139, 2016, doi: 10.22441/fifo.v8i2.1308.

T. Amalina, D. Bima, A. Pramana, and B. N. Sari, “Metode K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Penjualan Produk Frozen Food,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 15, pp. 574–583, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.7052276

J. Asmara, “Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala),” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2019.

A. D. Manuputty, S. Hendrawan, and B. Haryanto, “Design of Information Systems for Research Permit Application with Agile Method and Website Based Laravel Framework,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 60–78, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.45.

W. Bintara, Setia, “Pengertian Android – Definisi, Fungsi, Sejarah, Kelebihan,” 2023. https://dianisa.com/pengertian-android/

B. Eisenman, React Native Learning Learning React Native. O’Reilly Media, Inc., 1005 Gravenstein Highway North, Sebastopol, CA 95472. O’Reilly, 2018. [Online]. Available: http://oreilly.com/catalog/errata.csp?isbn=9781491929001

A. Fian, P. Sokibi, and L. Magdalena, “Penerapan Payment Gateway pada Aplikasi Marketplace Waroeng Mahasiswa Menggunakan Midtrans,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 3, p. 387, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i3.6719.

Y. Borneo, “APLIKASI PENGENALAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PALANGKARAYA BERBASIS WEB MOBILE TUGAS,” 2022.

A. Dennis, B. Wixom, Haley, and D. Tegarden, Introduction to systems analysis and design, vol. 31, no. 1. 1989. doi: 10.1016/0950-5849(89)90057-8.

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Kholis, M. N., & Kholis, M. N. (2023). PERANCANGAN APLIKASI PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA KENDURUAN UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR DAN DAYA SAING BISNIS LOKAL. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3s1). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3563

Issue

Section

Articles