PEMBUATAN APLIKASI DENAH BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MODEL MARKER BASIC TRACKING MENGGUNAKAN METODE MDLC
Abstract
Abstrak. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, seni, dan teknologi. Teknologi Augmented Reality (AR) menjadi salah satu inovasi penting dalam era globalisasi saat ini. AR memungkinkan penggabungan objek virtual ke dalam lingkungan nyata, sehingga dapat memberikan informasi tambahan secara visual. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode Marker Based Tracking dalam pengembangan aplikasi informasi AR untuk media informasi mengenai tata letak dan informasi rumah di Perumahan Baitul Marahamah 4 Cikunir, Kota Tasikmalaya. Metode pengembangan yang digunakan mengacu pada pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi AR ini diharapkan dapat membantu pendatang baru atau tamu dalam mencari alamat dan informasi rumah di perumahan tersebut.
Full Text:
PDF 1139-1146References
Huda, “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Irkham Abdaul Huda,” 2020.
T. Novriansyah Turnip, L. Pebrina Manurung, M. H. Tampubolon, R. Sitanggang, and P. Korespondensi, “RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE PENGENALAN GEDUNG DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKER,” vol. 8, no. 3, pp. 557–564, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202184498.
A. W. Prayugha and F. Zuli, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING,” Jakarta, vol. 12240, no. 11, p. 7398393, 2021.
A. Nugroho and B. A. Pramono, “APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS VUFORIA DAN UNITY PADA PENGENALAN OBJEK 3D DENGAN STUDI KASUS GEDUNG M UNIVERSITAS SEMARANG,” 2019. [Online]. Available: www.unity3d.com.
J. Dwi Gotama, Y. Fernando, and D. Pasha, “PENGENALAN GEDUNG UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
“08 BAB 2,” budiharjo, 2019.
N. Nurrisma, R. Munadi, S. Syahrial, and E. D. Meutia, “Perancangan
Augmented Reality dengan Metode Marker Card Detection dalam Pengenalan Karakter Korea,” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 16, no. 1, p. 34, Mar. 2021, doi: 10.30872/jim.v16i1.5152.
R. D. Anggraeni and S. Sulton, “PENGARUH MULTIMEDIA TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA,” JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 96–101, 2019, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
H. Setiawan, H. Mukhtar, F. Ilmu Komputer, and U. Muhammadiyah Riau, “APLIKASI PENGENALAN SITUS BERSEJARAH DI KOTA PEKANBARU DENGAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS BERBASIS ANDROID”.
R. N. Anissa and R. T. Prasetio, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” JURNAL RESPONSIF, vol. 3, no. 1, pp. 122–128, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jti
“Siti Rachmawati-Media "Block Card 107,” 2021.
M. L. Nuriman and N. Mayesti, “EVALUASI KETERGUNAAN WEBSITE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE,” BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, vol. 41, no. 2, p. 253, Dec. 2020, doi: 10.14203/j.baca.v41i2.622.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet