APLIKASI POIN SAMPAH SEBAGAI DAYA TARIK PENUKARAN LIMBAH SAMPAH DI KSM BIMA BERBASIS MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3259Abstract Views: 275 File Views: 449
Abstract
Penelitian ini membahas pengembangan dan implementasi aplikasi mobile berbasis poin sampah sebagai sarana penukaran limbah sampah di KSM Bima. Aplikasi ini bertujuan untuk memfasilitasi konversi sampah menjadi poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai barang di warung yang sudah terdaftar sebagai mitra. Aplikasi bank sampah ini terhubung dengan internet menggunakan API sehingga memungkinkan aksesibilitas yang lebih luas di Kecamatan Purwokerto Selatan dan bisa digunakan oleh KSM Bima.KSM Bima merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh sekelompok masyarakat yang beralamat di Jl. Krapyak RT 06 RW 03 No 8 Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini masyarakat lebih tertarik untuk menabung sampah sehingga sampah bisa lebih bermanfaat dan menjadi nilai guna, selain itu limbah sampah bisa lebih berkurang yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap lingkungan dan keberlanjutan.Sampah akan dikonversi menjadi poin, poin ini bisa ditukar dengan berbagai barang kebutuhan di warung yang sudah terdaftar menjadi mitra KSM Bima.Selain itu, melalui penggunaan aplikasi ini, diharapkan dapat terbentuk kebiasaan masyarakat yang lebih positif dalam mengelola sampah.Downloads
References
S. R. Dwi Krisbiantoro, Abdul Azis,
“PENGEMBANGAN APLIKASI BANK SAMPAH BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: KSM BIMA KELURAHAN TELUK PURWOKERTO SELATAN),” vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.
R. Akbar, M. Silvana, and F. A. Alizar, “Perancangan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Bisnis Pencucian Mobil dengan Memanfaatkan Teknologi QR Code (Studi Kasus : Oto Pro Car Wash & Detailling Padang ),” Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2019, [Online]. Available:jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek
V. Ishalatussilmi et al., “RANCANG APLIKASI PENJUALAN BERBASIS
WEB,” vol. 11, no. 2, pp. 144–151, 2023.
Naufal, M., Faruq, M. A.-, Aufan, M. H., Islam, U., & Walisongo, N. (2022). Perancangan Ui / Ux Semarang Virtual Tourism. 4(1), 43–52.
Firdausi, F. A., & Ramadhani, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Online Public Access Catalog (Opac) Perpustakaan Berbasis Mobile Pada STAI Auliaurrasyidin. Jurnal Intra Tech, 4(2), 11–25.
Mulyati, S., & Wardono, W. (2019). Kreativitas Matematis Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Berbasis Android Studio. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 2, 788–797.
Kasyful Anwar, M. (2021). Perancangan Database IoT Berbasis Cloud dengan Restful API Cloud-Based IoT Database Design with Restful API. 20(2), 268–279.