PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN AKSARA SUNDA BEBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MDLC

Authors

  • Indra Sujana Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3203

Abstract Views: 408 File Views: 357 File Views: 0 File Views: 0 File Views: 0

Abstract

Abstrak. Karena aksara sunda sudah dianggap suatu budaya yang kuno masyarakat merasa enggan untuk mempelajarinya karena rumit dan susah untuk di ingat sehinga orang-orang tidak begitu ingin untuk mempelajari aksara sunda. demi mendukung pelestarian budaya sunda yaitu aksara sunda. penulis membangun media pembelajaran aksara sunda. Tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan aplikasi pengenalan aksara sunda berbais android menggunakan metode MDLC dan memberikan sebuah kesan belajar yang menarik. Metode yang digunakan pada pengembangan ini menggunakan metode MDCL (multimedia development life cycle). Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi media pembelajaran aksara sunda berbasis android dan bisa diakses oleh siswa sekolah dasar maupun masyarakat. Peneliti mengharapkan pengenalan Aksara Sunda berbasis android menggunakan metode MDLC memiliki potensi untuk menjadi alat untuk melestarikan aksara sunda sebagai media pembelajaran

Abstract. Because Sundanese script has been considered an ancient culture, people feel reluctant to learn it because it is complicated and difficult to remember so that people do not really want to learn Sundanese script. To support in preserving Sundanese culture, namely Sundanese script. The author built a Sundanese script learning media. This research aims to develop an application for the introduction of Sundanese script based on Android using the MDLC method and provide an interesting learning impression. The method used in this development uses the MDCL (multimedia development life cycle) method. The results of this study are in the form of an Android-based Sundanese script learning media application and can be accessed by elementary school students and the community. Researchers expect the introduction of Android-based Sundanese script using the MDLC method to have the potential to be a tool to preserve Sundanese script as a learning medium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Chaidir, Y. Erwanto, and F. W. Handono, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda Berbasis Android,” vol. 4, no. 3, pp. 41–47, 2019.

R. S. Ernawati, E. W. Hidayat, and A. Rahmatulloh, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Aksara Sunda Berbasis Android,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 512–523, 2017, doi: 10.28932/jutisi.v3i3.671.

F. Febriansyah, N. R, A. I. Purnamasari, O. Nurdiawan, and S. Anwar, “Pengenalan Teknologi Android Game Edukasi Belajar Aksara Sunda untuk Meningkatkan Pengetahuan,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 336–344, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3676.

A. Anang and A. Irham G, “Algoritma Fisher-Yates Pada Game Edukasi Aksara Sunda Cacarakan Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Innov. Res. Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 58–65, 2021, doi: 10.37058/innovatics.v3i2.4532.

A. Latifah, E. Satria, and A. Kamaludin, “Pengembangan Game Classic Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 19, no. 1, pp. 100–109, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1009.

S. P. Nurfadillah, Media Pembelajarann. CV Jejak, Anggata IKAPI, 2021.

N. Ilham, “Aksara Sunda Kaganga,” Aksara Sunda Ragamnya, 2019.

D. Yulivantina Vicky, “Modul Praktikum Modul Praktikum Fotogrametri,” pp. 1–50, 2019.

K. Ismawan, A. Sularsa, and ..., “Penerapan Teknologi Augmented Reality (ar) Sebagai Media Pembelajaran Aksara Sunda Untuk Sekolah Menengah Pertama,” eProceedings …, vol. 6, no. 2, pp. 4283–4290, 2020, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/download/13715/13457

A. Febtriko and I. Puspitasari, “Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.36341/rabit.v3i1.419.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Sujana, I. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN AKSARA SUNDA BEBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MDLC. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3203

Issue

Section

Articles