PENERAPAN DATA MINING UNTUK PREDIKSI PERILAKU PELANGGAN MENGGUNAKAN MULTIPLE LINEAR REGRESSION

Authors

  • Nurrika Riskya Universitas Nurul Jadid
  • Selvira Yuliana Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3194

Abstract Views: 555 File Views: 1134 File Views: 0

Abstract

Banyaknya persaingan dalam industri perdagangan khususnya dalam bidang Fashion. Di Indonesia bahkan diluar negeri kini semakin berkembang menegikuti tren modernisasi, keberadaan Abaya sangat mendukung penampilan dan membuat mereka lebih menarik serta trand di kalangan masyarakat. Selain itu, pendapatan abaya lebih meningkat saat mendekati hari raya serta hari besar lainnya. Namun dengan adanya perkembangan membuat masyarakat sangat keliru dalam menantukan gaya hidup mereka. Hal tersebut seolah-olah mengharuskan perusahaan untuk lebih baik lagi dalam mengatur strategi penjualannya, terutama dalam memahami serta memprediksi perilaku palanggan terhadap produsen. Dengan adanya Data Mining diupayakan untuk dapat memprediksi perilaku pelanggan dengan adanya Produk Abaya yang diinginkan baik dari Model, Jenis Kelamin, Berat Badan, SKU, PB, LD, dan Harga. Hasil dari penelitian ini dapat ditentukan menggunakan Algoritma Linier Regresi Berganda dengan nilai akurasi 100 %

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. W. R. R. Putra, “IMPLEMENTASI DATA MINING PEMILIHAN PELANGGAN POTENSIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS IMPLEMENTATION,” Intecoms J. Inf. Technol. Comput. Sci, vol. 1, no. 1, pp. 227–249, 2018.

R. Rusham, “Analisis Dampak Pertumbuhan Pasar Moderen,” ” Ilm. Ekon. Manaj. Dan Kewirausahaan “Optimal,” vol. 10, no. 2, pp. 153–166, 2016.

M. A. Jihad, “Pemanfaatan Metode Technique for Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis) Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik,”,” J. Inf. dan Komput., vol. 7, no. 1, pp. 1-6, 2019.

F. Fitriany and L. O. A. Kamaluddin, “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk KFC di Makassar,” Jesya, vol. 5, no. 2, pp. 2762–2775, Aug. 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i2.898.

P. S. R. J. T. Samudra, B. H. Hayadi, “Komparasi 3 Metode Algoritma Klasifikasi Data Mining Pada Prediksi Kenaikan Jabatan,”,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 2, p. hal. 127, 2022.

L. Prasetyo, V. R., Lazuardi, H., Mulyono, A. A., C., “Penerapan Aplikasi RapidMiner Untuk Prediksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap US Dollar Dengan Metode Regresi Linier.,” Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(1), 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.25077/teknosi.v7i1.2021.8- 17

N. N. Y. Syahra, dan E. Elfitriani, “Penerapan Metode Fp-Growth Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Pada Buulolo Galery,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 1, p. 45, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i1.4770.

J. H. F. Sonata, “Penerapan Metode K-Means Untuk Menganalisis Minat Nasabah Asuransi,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 5, no. 3, pp. 1187–1194, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3113.

A. L. A. Febriyanto, H. Lestiawan, and W. Wicaksono, “Analisa Prakiraan Cuaca dengan Parameter Suhu, Kelembaban, Tekanan Udara, dan Kecepatan Angin Menggunakan Regresi Linear Berganda,” JOINS (Journal of Information System), vol. 5, no. 1, pp. 10–17, 2020.

Y. R. N. S. Utomo, and Sartikha, “Prediksi Kelayakan Operasional Mesin Rivet Menggunakan Regresi Linear Berganda,” Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan, vol. 10, no. 01, pp. 10–15, 2021.

S. G., Shivam, P, “Disease Prediction Using Machine Learning,” IRE Journals, no. 10 April 2020, p. vol.3, 2021.

Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.,” Bdg. CV Alvabeta, p. 142, 2018.

F. Ayuni, G. N., D., “Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Prediksi Penjualan Properti pada PT XYZ.,” Jurnal Telematika, vol. 14(2), pp. 79–86, 2019.

H. W. Herwanto Widiyaningtyas, T. ,. &. Indriana, P., “Penerapan Algoritme Linear Regression untuk Prediksi Hasil Panen Tanaman Padi,” Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), p. 364, 2019.

I. L. L. Gaol Sinurat, S. ,. &. Siagian, E. R., “Implementasi Data Mining Dengan Metode Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Data Persediaan Buku Pada Pt. Yudhistira Ghalia Indonesia Area Sumatera Utara,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), pp. 130–133, 2019.

D. Suhendro, “The Influence of Marketing Mix ( 4P ) on Consumer Loyalty on Indomaret and Alfamart Mini market in Pematangsiantar City,” J. Konsep Bisnis Dan Manaj, vol. 5, no. 2, pp. 206–220, 2019.

D. R. R. D. Handayani, and W. Fauzzia, “Pengembahang Pemasaran Produk Roti dan Pastry dengan Bauran Pemasaran 4P di Sari Good Bakery,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy, vol. 2, no. 1, pp. 233–243, 2019.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Riskya, N., & Yuliana, S. (2023). PENERAPAN DATA MINING UNTUK PREDIKSI PERILAKU PELANGGAN MENGGUNAKAN MULTIPLE LINEAR REGRESSION. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3194

Issue

Section

Articles