PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT BERBASIS WEB DI UPTD PUSKESMAS PANJALU

Authors

  • Fikri Muhamad Zulfikar Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Ari Sukawan Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Andi Suhenda Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • Fery Fadly Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3138

Abstract Views: 411 File Views: 535

Abstract

Kepuasan pasien dapat diartikan sebagai suatu sikap konsumen yakni beberapa derajat kesukaan atau ketidaksukaanya terhadap pelayanan yang diberikan. Kepuasan pasien diperoleh dengan melakukan survei kepuasan masyarakat yang disebut dengan indeks kepuasan masyarakat. Pusat Kesehetan Masyarakat (Puskesmas) Panjalu, merupakan salah satu Puskesmas yang sudah menerapkan Indeks Kepuasan Masyarakat secara manual untuk menunjang mutu pelayanan kesehatan. Penilitian ini betunjuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada proses pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat dengan melakukan perancangan aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat berbasis website. Perancangan aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat ini dimulai dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Metode perancangan sistem yang digunakan pada aplikasi merupakan metode Prototipe. Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat dirancang sesuai dengan kebutuhan di UPTD Puskesmas Panjalu sehingga nantinya dapat membantu meningkatkan mutu pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Permenkes 43 Tahun 2019, “Puskesmas Pusat Kesehatan Masyarakat,” Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi, Vol. 2, Pp. 1–3, 2019.

Kemenkes Ri, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfusi Darah.

Permenpan RB, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. 2017.

F. Hakam, Sistem Informasi Kesehatan. Gosyen, 2020.

M. Kurdi, “Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Di Puskesmas Pamarayan Kabupaten Serang,” 2016. [Online]. Available: Www.Juliwi.Com

D. Barsasella, Sistem Informasi Kesehatan. Mitra Wacana Medika, 2012.

Dewi, “Perancangan Sistem Informasi Puskesmas Berbasis Web,” Jurnal Ikra-Ith Informatika, Vol. 4, No. 103, Pp. 12–19, 2020.

E. Y. Anggraeni And R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Cv. Andi Offset, 2017.

Sulianta, Strategi Merancang Arsitektur Sistem Informasi Masa Kini. 2019.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Zulfikar, F. M., Sukawan, A., Suhenda, A., & Fadly, F. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT BERBASIS WEB DI UPTD PUSKESMAS PANJALU. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3138

Issue

Section

Articles