ANALISIS IDENTIFIKASI KECACATAN BEARING MOTOR INDUKSI BERDASARKAN ARUS STATOR DAN TORSI PADA RPM BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3071Abstract Views: 531 File Views: 625
Abstract
Motor induksi merupakan salah satu jenis motor listrik yang banyak digunakan di industri. Salah satu kerusakan terbesar yang terjadi pada motor induksi adalah kerusakan bearing yang mencapai 41%. Kerusakan bearing merupakan salah satu jenis kerusakan terbesar yang sering dijumpai pada motor induksi. Pada penelitian ini penulis membahas tentang karakteristik arus stator dan torsi akibat kerusakan bantalan motor induksi pada inner ring dan rolling element yang berpengaruh pada RPM yang dihasilkan. Untuk mendeteksi kerusakan bantalan motor induksi menggunakan analisis FFT (Fast Fourier Transform). Sehingga dengan metode ini dapat dihasilkan analisis identifikasi dan klasifikasi kerusakan bearing yang lebih akurat. Dari hasil analisis diketahui bahwa bantalan normal dan cacat menunjukkan karakteristik spektrum yang berbeda.Downloads
References
PinjiaZhang, Yi Du, Thomas G. Habetler, Bin Lu, (2011) "Survei Metode Pemantauan Kondisi dan Perlindungan untuk Motor Induksi Tegangan Menengah", TRANSAKSI IEEE PADA APLIKASI INDUSTRI, VOL. 47, No 1, JANUARI FEBRUARI
Susilo, DD 2009. “Pemantauan Kondisi Mesin Berdasarkan Sinyal Getaran”. Jurnal Penelitian Mekanika Vol-8 No.1 hal. 130-134.
Wahyudi, T., Soeharsono & Noor, E. 2016. “Mendeteksi Kerusakan Bearing Menggunakan Sinyal Getaran”. Jurnal Riset Sinergi Vol-20 No.2
Knopf E dan Nordmann R (2008). Bantalan magnet aktif untuk pengukuran gaya yang akurat pada mesin yang berputar. Konferensi Internasional Keempat tentang Kontrol Gerak dan Getaran. ETH Zürich.
Zuhal, Teknik Tenaga Dasar, dan Elektronika Daya. Jakarta: Gramedia, 1988
Lu Jiang (2023) Penelitian tentang kinerja motor sinkron magnet permanen dengan gangguan belitan stator
A. Mousaei,SA Mohammadabadi (2023) Optimasi Motor Induksi 3 Fasa untuk Kendaraan Listrik Berdasarkan Metode Optimasi Hook-Jews