PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Puput Silva Rosiana Singaperbangsa Karawang University
  • Apriade Voutama Singaperbangsa Karawang University
  • Azhari Ali Ridha Singaperbangsa Karawang University

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3048

Abstract Views: 3146 File Views: 2595 File Views: 0

Abstract

Perkembangan teknologi dan digitalisasi membawa dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk sektor pertanian. Maka dari itu, perancangan aplikasi E-Tani ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka dalam menjalankan bisnis jual beli di bidang hasil tani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking dilakukan suatu upaya untuk memahami kebutuhan pengguna secara lebih mendalam dan memberikan solusi yang inovatif dan efektif. Metode Design Thinking terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap empati, tahap definisi, tahap ideasi, tahap prototyping, dan tahap pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan UI/UX aplikasi E-Tani dengan menggunakan metodeDesign Thinking dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Aplikasi ini dirancang dengan fokus pada kebutuhan pengguna, termasuk fitur seperti pemesanan langsung, pemantauan produk, dan kemudahan penggunaan. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Design Thinking dalam perancangan aplikasi UI/UX dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengguna, serta memberikan keuntungan bisnis yang lebih besar. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi rancangan susunan pengguna untuk mengembangkan aplikasi yang lebih baik dan lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Yasinta Permana and A. Voutama, “Pemodelan UML Pada Sistem Penjualan Sembako Di Toko Amshop,” Information Management for Educators and Professionals, vol. 7, no. 1, pp. 41–50, 2022.

A. Z. Mubarok, Carudin, and A. Voutama, “Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 6368–6380, 2022.

L. Berkeley, “Lawrence Berkeley National Laboratory,” 2003.

J. J. Garrett, THE ELEMENTS OF USER EXPERIENCE.

P. Taylor, M. Hassenzahl, N. Tractinsky, M. Hassenzahl, and N. Tractinsky, “User experience - a research agenda User experience – a research agenda,” no. April 2013, pp. 37–41, 2011, doi: 10.1080/01449290500330331.

T. Brown, “Design Thinking Design Thinking,” 2008.

G. Dwi, P. Haryanto, and A. Voutama, “Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,” vol. 8, no. 1, pp. 23–30, 2023.

S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Pada,” Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, vol. 10, no. April, p. 17, 2022.

B. Prabaningrum, A. Voutama, and N. Heryana, “BERBASIS WEBSITE DALAM PENGELOLAAN LABA RUGI ( STUDI KASUS : CV GEGER HANJUANG ),” vol. 7, no. 1, pp. 671–680, 2023.

M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Rosiana, P. S., Voutama, A., & Ridha, A. A. (2023). PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3048

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>