RANCANG APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB TOKO AR PERFUME

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v11i2.2889

Abstract Views: 332 File Views: 803 File Views: 0

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi internet dalam dunia perdagangan atau yang sering kita dengar dengan istilah e-commerce kini semakin meningkat. AR Perfume merupakan sebuah toko yang bergerak dibidang penjualan parfum. Toko AR Perfume berlokasi di Putat Gede Timur III No.56 Surabaya. Sistem pembayaran yang dilakukan pada toko ini masih dilakukan secara manual yaitu adalah dengan cara pembeli datang ke toko langsung. Dengan cara manual tentu saja banyak menimbulkan kesulitan bagi pemilik dalam pengolahan data maupun pembuatan laporan, serta menimbulkan kesulitan juga bagi pembeli karena harus datang langsung ke toko untuk mengantri. Dengan adanya permasalahan tersebut, kami berencana untuk merancang sebuah aplikasi berbasis web yang bertujuan agar proses transaksi pembayaran pada Toko AR Perfume berjalan lebih cepat, mudah, dan akurat dengan memanfaatkan teknologi berbasis komputer. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara yang dilakukan secara langsung ke Toko AR Perfume. Framework yang digunakan untuk merancang aplikasi berbasis pada Toko AR Perfume adalah UML (Unified Modelling Language) atau yang dikenal dengan ICONIX Process. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa desain antarmuka website AR Perfume yang nantinyaakan dikembangkan pada tahapan implementasi.

Abstract. The development of internet technology in the world of commerce or what we often hear as e-commerce is now increasing. AR Perfume is a shop engaged in the sale of perfume. The AR Perfume store is located at Putat Gede Timur III No.56 Surabaya. The payment system that is made at this shop is still done manually, namely by the way the buyer comes to the store directly. Manually, of course, it creates a lot of difficulties for owners in data processing and production reports, as well as causing difficulties for buyers because they have to come directly to the store to queue. Given these problems, we plan to design a web-based application that aims to make the payment transaction process at the AR Perfume Store run faster, easier and more accurately by utilizing computer-based technology. The data collection method used in this study was observation and interviews conducted directly at the AR Perfume Shop. The framework used to design applications based on the AR Parfum Store is UML (Unified Modeling Language) or what is known as the ICONIX Process. The end result of this research is in the form of an AR Perfume website interface design which will later be developed at the implementation stage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Riyan, Meidia Putra (2018) Perancangan Aplikasi Transaksi dan Pembayaran Parfum Berbasis Web dengan Fitur Mobile Menggunakan Teknologi QR Code (Studi Kasus Azwa Parfum Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

Andika, Alfanda, dan Febsri Susanti. “PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PARFUM LUBEG PADANG Alfanda Andika, Febsri Susanti.” : 1–13.

Parekhan M, Aljaff, Emad M, Banaz O, & Rasheed. 2013. Identification of synthetic perfume by infrared and optical properties. J Pure App Chem Sci 1(1): 19 – 30

Rozy, F., Amalia, F., & Wihandika, R. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dan Prediksi Permintaan Pemesanan Bibit Parfum Pada Toko Blossom Perfume Berbasis Web. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 6, p. 2090-2097, mei 2021.

Hasanah, U. (2013). Sistem Informasi Penjualan On_Line Pada Toko Kreatif Suncom Pacitan. IJNS Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).

Ulfiana, “Satuan Ekspresi Pengungkap Aroma pada Parfum,” Tesis, Program Studi Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, 2015.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Yogyakarta: Andi, 2009.

D. Jailani and H. Patrie, “ANALISA DAN RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PARFUM BERBASIS E-COMMERCE PADA TOKO SERUNI PARFUM”, IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 98-105, Sep. 2019.

Yaddarabullah, Y., Agusalim, L., & Karim, M. (2018). Pengembangan Aplikasi Web Pemetaan Perkembangan Koperasi di Indonesia Berbasis Web Modeling Language. Jurnal KomtekInfo, 5(2), 1–10

RosenBerg, Dooug. and Kendall Scott, Applying Use case Driven Object Modelling with UML: An Annotated E-Commerce Example, Addison Wesley, 2001.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Deswita Rini, N. M. B. (2023). RANCANG APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB TOKO AR PERFUME. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i2.2889

Issue

Section

Articles