SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN KEARSIPAN (SI MALAK) BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v10i3.2701Abstract Views: 1780 File Views: 1164
Abstract
Abstrak. Pandemi COVID-19 yang telah terjadi dalam kurun waktu 2 (dua) tahun membuat masyarakat enggan untuk beraktifitas diluar rumah. Dengan munculnya varian yang bernama delta yang ditemukan di benua Afrika Selatan pada pertengahan tahun 2021 serta ditambah dengan muncul varian terbaru yang bernama omicron yang ditemukan pada akhir tahun 2021 semakin membuat masyarakat lebih membatasi aktifitas di luar rumah. Pemerintah telah melakukan terobosan – terobosan baru demi menekan angka covid-19 agar tidak melonjak. Pandemi coronavirus diseases (COVID-19) yang terjadi di indonesia membuat Pemerintah Kabupaten Gresik khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik sebagai pelayanan langsung terhadap masyarakat kurang efektif dan efisien. Dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan dimasyarakat maka peneliti membuat sebuah Sistem Informasi Manajemen Layanan Kearsipan (SI MALAK) Berbasis Web yang dapat digunakan sebagai tombak pelayanan terhadap masyarakat untuk tidak selalu mengandalkan datang ditempat serta mengurangi kontak langsung antara manusia. Pembuatan sistem menggunakan metode waterfall dan menggunakan bahasa pemograman PHP serta MySQL sebagai database. Hasil dalam pengujian sistem menunjukkan bahwa semua fitur sistem bekerja dengan baik dan diterima oleh pengguna/ masyarakat.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
D. Kasmir, Customer Service Excellent Teori Dan Praktik, Rajagrafindo Persada, 2017.
Y. Djahir and D. Pratita, Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen, vol. 1, Deepublish Publisher, 2014.
G. R. I. Pontoh and A. S. Lumenta, "Arsip Digital Dokumen Kontrak Berbasis Web Pada Pt. Abdi Pratama Perkasa," E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, vol. 5, no. 4, 2016.
D. Irmawati and Y. Indrihapsari, "istem Informasi Kearsipan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan," Jurnal Pendidikan Teknologi dan kejuruan, vol. 22, no. 2, pp. 136-147, 2014.
M. Fahmi and B. |. e. a. Santoso, "Metode Waterfall Untuk Rancangan Sistem Informasi Kearsipan Pada PT.Kujang Pelangi Nusantara," Jurnal INSAN (Journal of Information Systems Management Innovation, vol. 1, no. 2, 2021.
M. Usnaini, V. Yasin and A. Z. Sianipar, "Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall," Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, vol. 1, 2021.
Subhiyanto, "Implementasi Manajemen Bandwidth dengan Metode Hierarchical Token Bucket (HTB) dan Per Connection Queue (PCQ) pada STMIK Antar Bangsa," Jurnal Teknik Informatika, vol. 7, no. 2, 2021.
A. Y. Mubarok and U. Chotijah, "Sistem Informasi Buku Tamu Menggunakan Qr code Berbasis Web Pada PT Petrokimia Gresik," Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 2621-4970, 2021.
Yolanda, A. O. Sari and E. H. Zuraidah, "Berbasis Website Pada Sma Fajrul Islam Jakarta," Jurnal PROSISKO, vol. 8, no. 1, 2021.



