PENDEKATAN MACHINE LEARNING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PSO DALAM ANALISA PEMAHAMAN PEMROGRAMAN WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v10i3.2700Abstract Views: 751 File Views: 558
Abstract
Bahasa Pemrograman merupakan notasi-notasi yang digunakan untuk menulis sebuah program di komputer. Berdasarkan tingkat populernya bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk membuat Website. Matakuliah pemrograman website menjadi tolak ukur mahasiswa dalam membuat website untuk digunakan pembuatan Tugas Akhir. Terdapat beberapa mahasiswa kesulitan dalam memahami pemrograman website yang mengakibatkan banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membuat Tugas Akhir Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kemudahan, Familiar, Cara Ajar Dosen, Spesifikasi Perangkat yang dibutuhkan, dan Bentuk Pemrograman. Tujuan dalan penelitian ini adalah untuk melakukan mengklasifikasi pemahaman mahasiswa terhadap pemrograman website menggunakan metode C4.5 berbasis PSO dengan data sebanyak 100 sampel di AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar. Penelitian ini menghasilkan nilai akurasi data sebesar 83,00% dengan variabel Kemudahan merupakan node tertinggi. Dengan hasil penelitian ini dapat memberikan keputusan yang akan diambil oleh pihak AMIK Tunas Bangsa mengatasi permasalahan tersebut.Downloads
References
P. P. P. A. N. . F. I. R. . Zer, D. Hartama, and S. R. Andani, “Analisa Faktor Dominan Mahasiswa Kesulitan Memahami Bahasa Pemrograman Menggunakan Metode C4.5,” Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., vol. 1, no. September, p. 492, 2019, doi: 10.30645/senaris.v1i0.55.
N. A. A. P. H. Saptarini, R. A. Hidayat, and P. I. Ciptayani, “Ajarincode : Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman Berbasis Web,” Just TI, vol. 10, no. 2, p. 21, 2019, doi: 10.46964/justti.v10i2.106.
A. Basriadi, R. Ridwan, S. Sukardi, A. Rusmardiana, and B. H. Hayadi, “Development of Kahoot Application-Based Learning Evaluation Tool Using Smartphones in Civic Education Lessons for Class XI of Madrasah Students,” WESTECH, no. 1, pp. 2–8, 2019, doi: 10.4108/eai.8-12-2018.2284033.
D. Puyada, G. Ganefri, A. Ambiyar, R. E. Wulansari, and B. H. Hayadi, “Effectiveness of interactive instructional media on Electrical Circuits,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.14 Special Issue 14, pp. 220–223, 2018.
B. H. Hayadi, Ji.-M. Kim, K. Hulliyah, and H. T. Sukmana, “Predicting Airline Passenger Satisfaction with Classification Algorithms,” IJIIS Int. J. Informatics Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 82–94, 2021, doi: 10.47738/ijiis.v4i1.80.
A. Waluyo, H. Jatnika, M. R. S. Permatasari, T. Tuslaela, I. Purnamasari, and A. P. Windarto, “Data Mining Optimization uses C4.5 Classification and Particle Swarm Optimization (PSO) in the location selection of Student Boardinghouses,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 874, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/874/1/012024.
A. Surip, M. A. Pratama, I. Ali, A. R. Dikananda, and A. I. Purnamasari, “Penerapan Machine Learning menggunakan algoritma C4.5 berbasis PSO dalam Menganalisa Data Siswa Putus Sekolah,” INFORMATICS Educ. Prof., vol. 5, no. 2, p. 147, 2021, doi: 10.51211/itbi.v5i2.1530.
F. Santoso, A. Syukur, and A. Z. Fanani, “Algoritma C4.5 Dengan Particle Swarm Optimization Untuk Klasifikasi Lama Menghafal Al-Quran Pada Santri Mahadul Quran,” J. Teknol. Inf., vol. 14, pp. 92–103, 2018.
E. Retnoningsih and R. Pramudita, “Mengenal Machine Learning Dengan Teknik Supervised dan Unsupervised Learning Menggunakan Python,” ICT J., vol. 7, no. 2, pp. 156–165, 2020.
Y. Irowati, R. Ridwan, A. Ambiyar, R. D. P. P. S. Permatasari, and B. H. Hayadi, “Development of Authentic Assessment in Basic Automotive Engineering Work Learning to Measure the Skills of X Grade Students of Hang Nadim Vocational High School in Batam,” WESTECH, 2019, doi: 10.4108/eai.8-12-2018.2284008.
P. Santoso, H. Abijono, and N. L. Anggreini, “Algoritma Supervised Learning dan Unsupervised Learning Dalam Pengolahan Data,” vol. 4, no. 2, pp. 315–318, 2021.
P. P. P. A. N. W. F. I. R. H. Zer, M. Wahyuni, A. Rangga, and Z. Situmorang, “Analisis model kepuasan mahasiswa terhadap cara pengajaran dosen menggunakan algoritma c4.5,” JIKO, vol. 6, no. 1, pp. 58–64, 2022.
S. Rice, F. Rizal, A. Yulastri, P. Riswandi, and B. H. Hayadi, “Application of The SQ3R Method to Improve Learning Motivation and Ability to Read English Text Understanding of it in Vocational High School of Ibnu Sina Batam,” WESTECH, pp. 1–6, 2019, doi: 10.4108/eai.8-12-2018.2284030.