ANALISIS THERMAL DAN REDESAIN ALAT PENGERING KAKAO MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) DI USAHA MANDIRI DESA WIYONO KABUPATEN PESAWARAN

Yudi Risano, Husein Manalu, Dyan Susila

Abstract


Usaha Mandiri di desa Wiyono Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu bentuk usaha yang bergerak di bidang pengolahan kakao melalui proses pengeringan dengan alat pengering sederhana berukuran panjang 2,4 m, lebar 1,2 m dan tinggi 0,6 m. Untuk meningkatkan efektifitas alat pengering yang digunakan dan meningkatkan kualitas hasil pengeringan, maka dilakukan penelitian dengan pertama-tama dilakukan analisis perpindahan panas, laju aliran panas dan distribusi temperatur yang terjadi di dalam alat pengering tersebut. Selanjutnya dari hasil yang diperoleh, dilakukan proses redesain alat pengering. Dalam proses redesain alat pengering berdasarkan perhitungan termal, sebaran suhu dan laju energy panas yang terjadi di dalam ruang pengering serta waktu pengeringan yang dibutuhkan dan kebutuhan bahan bakar (kayu bakar). Tahap selanjutnya, hasil redesain alat dianalisis kembali terutama distribusi temperatur yang terjadi dengan simulasi pemodelan menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). Dari hasil perhitungan dan simulasi CFD didapatkan suhu rata-rata pengeringan sebesar 85,34 oC, kalor yang dibutuhkan selama proses pengeringan 420.062,32 kJ, waktu yang dibutuhkan dalam pengeringan 16 jam dan bahan bakar yang diperlukan sebanyak 102,96 kg atau 0,11 m3 .

Full Text:

PDF 108-112

References


Badan Pusat Statistik Kanupaten Pesawaran (2013) Luas Areal dan Produksi Tanaman Perkebunan Menurut Jenis Komoditi di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Wahyudi, T., T.R. Panggabean, Pujianto, A.A. Prawoto. (2008). Panduan Lengkap Kakao Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir, Penebar Swadaya, Jakarta.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. (2010) Buku Pintar Budidaya Kakao, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Susanto. (1994) Tanaman Kakao Budidaya dan Pengolahan Hasil, Kanisius, Yogyakarta.

Hayati, R., Yusmanizar, Mustafril, Fauzi, H., (2012) Kajian fermentasi dan suhu pengeringan pada mutu kakao, Jurnal Keteknikan Pertanian, Vol. 26, N0.2, 129-135.

Voigh, Rudolf. (2008) Buku Pelajaran Teknologi Farmasi, UGM Press, Yogyakarta.

Abdulillah, Kamaruddin (2000) Pengeringan Industrial, IPB Press, Bogor.

Incropera, F.P., and De Witt, D.P. (1990) Fundamentals of Heat and Mass Transfer, Third Edition, John Wiley & Sons, New York.

Yunianto, Bambang dkk. (2014) Pengembangan Desain Tungku Bahan Bakar Kayu Rendah Polusi Dengan Menggunakan Dinding Beton Semen, Jurusan Teknik Mesin,

Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v10i2.2444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
ISSN 2303-0577