Pengaruh Bangkitan Pergerakan Simpur Center Terhadap Kinerja Jalan Disekitarnya

Desna Anida, Rahayu Sulistyorini, Sasana Putra

Abstract


Abstract
Lampung capital of Bandar Lampung and its shopping place is growing rapidly. One of the
shopping places is the Simpur Center. The number of vehicles entering or leaving the Simpur
Center influences the performance of Jalan Katamso right in front of it, and Jalan Raden Intan on
the left of the Simpur Center building and can lead to potential accidents and potential congestion
between vehicles. The purpose of this study is to find out the conflict of the delay that occurred
and estimate the effect of the generation of the Simpur Center movement related to the
performance of the surrounding road. The road performance analyzed is the delay, degree of
saturation, capacity, queue length, speed, and vehicle volume using the 1997 Indonesian Road
Capacity Manual (MKJI) method. The result of this research shows that for road segment and
road network of Raden Intan segang intersection of Pemuda Street up to Katamso Street
intersection on the working day after Simpur Center opened total delay happened 133,84 second
caused by road road conflict 52,780 second, delay 3 due to movement Center symmetry of 28.281
seconds and the delay segment of 52.780 seconds with the degree of boredom saturation path
1.3246. Then for Brigjend Katamso segment Katamso intersection segment up to Letjend Suprapto
intersection on the working day after the Simpur Center opened a total delay of 10,62 seconds
caused by conflict intersection 1 Simpur Center movement movement of 7,56 seconds and delays
segment of 3,06 seconds with the degree of saturation of the segment is 0,4026.

Keywords: Degree of Saturation, Speed, Delay, Queue Length, Simpur Center.


Abstrak
Ibukota Lampung yaitu Bandar Lampung dan tempat perbelanjaannya sangat berkembang pesat .
Satu dari tempat perbelanjaannya yaitu Simpur Center. Banyaknya kendaraan yang masuk
maupun keluar Simpur Center berpengaruh terkait kinerja Jalan Katamso tepat di depannya, dan
Jalan Raden Intan di sebelah kiri bangunan Simpur Center dan dapat menimbulkan potensi
kecelakaan maupun potensi kemacetan antar kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat
mengetahui konflik tundaan yang terjadi dan memperkirakan pengaruh bangkitan pergerakan
Simpur Center terkait kinerja jalan disekitarnya. Kinerja jalan yang dianalisis yaitu tundaan,
derajat kejenuhan, kapasitas, panjang antrian, kecepatan, dan volume kendaraan menggunakan
metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa
untuk ruas dan jalinan jalan Raden Intan segmen simpang jalan Pemuda sampai dengan simpang
jalan Katamso pada hari kerja setelah Simpur Center dibuka tundaan total terjadi sebesar 133,84
detik diakibatkan oleh konflik jalinan jalan sebesar 52,780 detik, tundaan simpang 3 akibat
bangkitan pergerakan Simpur Center sebesar 28,281 detik dan tundaan ruas sebesar 52,780 detik
dengan derajat kejenuhan jalinan jalan 1,3246. Lalu untuk ruas jalan Brigjend Katamso segmen
simpang jalan Katamso sampai dengan simpang jalan Letjend Suprapto pada hari kerja setelah
Simpur Center dibuka tundaan total terjadi sebesar 10,62 detik diakibatkan oleh konflik simpang 1
bangkitan pergerakan Simpur Center sebesar 7,56 detik dan tundaan ruas sebesar 3,06 detik
dengan derajat kejenuhan ruas adalah sebesar 0,4026.

Kata Kunci: Derajat Kejenuhan, Kecepatan, Tundaan, Panjang Antrian, Simpur Center.


Full Text:

pdf

References


MKJI, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum.

Departemen PU, 2009, Analisis Dampak Lalu Lintas Jalan Akibat Pengembangan Kawasan Di Perkotaan, Departemen Pekerjaan Umum.

Dikun dan Arief, 1993, Strategi Pemecahan Masalah Luas Bangunan dan Lalu Lintas, Bahan Seminar Dampak pemanfaatan Intensitas lahan gedung tinggi/Superblok di Jakarta terhadap lalu lintas disekitarnya, Universitas Taruma Negara bekerja sama

dengan Pemerintah DKI Jakarta.

PP No. 32, 2011, Tentang Manajemen dan Rekayasa Analisis Dampak, Serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas, Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2011, Sekretaris Negara, Jakarta.

Morlok, Edward K, 1991, Pengantar Teknis dan Perencanaan Transportasi, Erlangga : Jakarta.

Yanti, Novri, 2016, Pengaruh Pergerakan Candra Superstore Terhadap Kinerja Jaringan Jalan Disekitarnya, (Skripsi), Tidak diterbitkan, Universitas Lampung : Bandar Lampung, 136 pp.

Puspasari, Nirwana, 2015, Analisis Kinerja Jalinan Jalan Imam Bonjol-Yos Soedarso Pada Bundaran Besar Di Kota Palangka Raya. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Palangkaraya: Jurnal Transportasi, Vol. 4 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011