Evaluasi Kapasitas Parkir Unila Berdasarkan Kebutuhan Satuan Ruang Parkir (SRP)

Authors

  • Hariadi Tri Pambudi
  • Tasan Junaedi
  • Aleksander Purba

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v6i1.808

Abstract Views: 127 File Views: 0 File Views: 0

Abstract

Universitas Lampung adalah universitas negeri pertama di propinsi Lampung dan termasuk universitas favorit di Indonesia; jumlah mahasiswa cenderung naik setiap tahunnya. Kenaikan jumlah mahasiswa berpengaruh kepada kenaikan jumlah pengguna kendaraan bermotor yang berimplikasi naiknya kebutuhan petak parkir. Parkir terpadu merupakan sebuah kebijakan jangka panjang Universitas Lampung untuk menata perparkiran menjadi lebih tertib dan teratur.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persentase pengguna kendaraan bermotor/transportasi umum, karakteristik parkir dan perbandingan perhitungan kebutuhan petak parkir penelitian dengan siteplan parkir terpadu Universitas Lampung. Data primer digunakan untuk menghitung persentase pengguna kendaraan bermotor dan karakteristik parkir diperoleh dengan membagikan 990 lembar kuisioner. Sedangkan kebutuhan petak parkir diperoleh dari data sekunder, yakni jumlah mahasiswa serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Universitas Lampung tahun 2013-2016.
Dari hasil perhitungan diperoleh persentase pengguna kendaraan sebesar 15% mobil, 65% motor dan 20% angkutan umum/sepeda/jalan kaki. Selanjutnya kebutuhan Satuan Ruang Parkir untuk mobil 279 petak dan motor 1256 petak. Perbandingan kebutuhan petak parkir antara perhitungan dan siteplan parkir terpadu Universitas Lampung sebesar 897 petak mobil dan 1550 petak motor
maka tidak perlu dilakukan penambahan petak parkir rencana. Analisis karakteristik parkir diperoleh nilai indeks parkir maksimum mobil 61,08% dan motor 97,79%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kepmen., 1994, Keputusan Menteri no 4 tahun 1994 tentang, Tata Cara Parkir Kendaraan Bermotor di Jalan, Menteri Perhubungan, Jakarta.

Dirjen., 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Gustiaji, Laedo, 2016, Studi Optimalisasi Perparkiran dan Pedestrian di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Geofisika Universitas Lampung, Skripsi. Universitas Lampung. Lampung.

Hobbs, F.D., 1979. Traffic Planning and Engineering, Second edition, edisiIndonesia, 1995, terjemahan Suprapto T.M. dan Waldijono, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi kedua, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Kusumawati, Ira, 2015, Studi Optimalisasi Perparkiran di Fakultas Pertanian (FP) dan Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung. Skripsi, Universitas Lampung, Lampung.

Murwono, Joko, 1996, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit UGM, Yogyakarta.

Pandiangan, Josua P., 2008, Perencanaan Gedung Parkir Mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Skripsi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Pignataro, Louis J., 1973, Traffic Engineering (Theory and Practice), United State of America.

Putra, Rolan A., 2015, Studi Optimalisasi Perparkiran di Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung, Skripsi, Universitas Lampung. Lampung.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Tamin, Ofyar Z., 2008, Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Yuda, Maulana R., 2015. Studi Optimalisasi Fasilitas Parkir Di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung, Skripsi, Universitas Lampung, Lampung.

Published

2018-06-28

How to Cite

Tri Pambudi, H., Junaedi, T., & Purba, A. (2018). Evaluasi Kapasitas Parkir Unila Berdasarkan Kebutuhan Satuan Ruang Parkir (SRP). Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 6(1), Hal. 127 – 142. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v6i1.808

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi Maret 2018