STUDI PERBANDINGAN NILAI ENERGI PEMADATAN TANAH MENGGUNAKAN PROCTOR MODIFIED DENGAN ALAT TEKAN MODIFIKASI (STUDI KASUS TANAH TIMBUNAN PILIHAN)

arief cahya perkasa, Setyanto Setyanto, Idharmahadi Adha

Abstract


Pembangunan daerah menjadi prioritas pemerintah saat ini, seperti pembangunan Jalan Tol Lintas Sumatera. Pembangunan sangat erat kaitannya dengan pekerjaan tanah, karena tanah merupakan salah satu material yang memegang peranan penting dalam mendukung suatu konstruksi. Umumnya, suatu konstruksi dibangun dengan elevasi yang tidak sesuai, sehingga pekerjaan galian dan timbunan perlu dilakukan. Untuk mendapatkan tanah timbunan dengan kualitas yang baik, diperlukan pemadatan agar memperoleh tanah yang stabil dan memenuhi persyaratan teknis untuk membangun suatu struktur.. Pada penelitian ini membandingkan energi pemadatan tanah metode proctor modified dengan alat tekan pemadat modifikasi untuk tanah timbunan pilihan. Sampel tanah yang digunakan adalah tanah timbunan pilihan, berasal dari Desa Gedung Agung, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. Pengujian alat tekan pemadat modifikasi ini terdiri dari 4 tekanan berbeda yaitu 5 MPa, 10 MPa, 15 MPa dan 20 MPa, menggunakan tiga sampel tanah pada masing-masing tekanan. Hasil pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa berat volume maksimum (γdmaks) sebesar 1,706 gr/cm3 pada pengujian metode proctor modified dengan hasil pada alat tekan pemadat modifikasi didapat nilai tekanan sebesar 10 MPa.


References


SNI 1742, 2008, Cara Uji Kepadatan Ringan untuk Tanah, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Bisa, F., 2014, Pengertian dan Klasifikasi Timbunan, diakses pada http://kumpulengineer.blogs pot.co.id/2014/09/pengertian-dan-klasifikasi-timbunan.html (20 April 2017).

Craig, R.F., 1991, Mekanika Tanah Edisi Ke Empat. PT. Erlangga. Jakarta.

Das, B. M., 1995, Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid I, Erlangga, Jakarta.

Hardiyatmo, H. C., 2002, Mekanika Tanah I, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Muda, A., 2016, Jurnal TEKNIK SIPIL Vol. 17 No. 1, Juli 2016, Jurusan Teknik Sipil Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Ulfa, S.Z., 2017, Studi Konversi Pemadatan Tanah Modified Proctor di Laboratorium dengan Alat Tekan Pemadat Modifikasi. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011