Menentukan Nilai CBR Menggunakan Alat DCP Dalam Grafik Dan Persamaan Fungsi

Yupi Ardianto, Setyanto Setyanto, Iswan Iswan

Abstract


Kekuatan tanah dasar memegang peranan penting dalam mendukung suatu konstruksi seperti; jalan, bangunan gedung , jembatan dan sebagainya. Dan untuk menilai kekuatan tanah dasar tersebut, dipergunakanlan nilai CBR (California Bearing Ratio). Tetapi seringkali di lapangan, karena keterbatasan transportasi pada daerah pedalaman dan ketersediaan alat pengujian yang cukup memadai, alat yang paling mudah untuk mendapatkan nilai CBR dari tanah dasar tersebut dapat digunakan alat Dinamic Cone Penetrometer (DCP). Dari data pengujian alat DCP tadi, dengan menggunakan fungsi logaritma tertentu sesuai dengan besaran sudut konus dari alat DCP, yaitu 30o atau 60o, yang kemudian digambarkan dalam grafik hubungan antara besaran penetrasi dan jumlah tumbukan, didapatlah besaran nilai CBR.

 

Grafik hubungan yang digunakan adalah perumusan dari Smith dan Pratt, 1983 untuk sudut konus 300 dengan persamaan Log CBR = 2,503 – 1,15 (Log DCP), dan TRL, Road Note 8, 1990, untuk sudut konus 600 dengan persamaan Log CBR = 2,48 – 1,057 (Log DCP). Sebelumnya sudah ada, grafik hubungan DCP dan CBR, akan tetapi untuk menentukan nilai CBR yang dihasilkan, harus menggunakan cara diterawang menggunakan kertas lain, dan hal ini cukup menyulitkan jika titik yang diuji sangat banyak jumlahnya. Dengan perhitungan logaritma yang diaplikasikan ke grafik dan persamaan fungsi, diharapkan dapat mempermudah dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mengolah data DCP yang diuji.

 

Kata kunci : Tanah dasar, grafik DCP, hubungan DCP dan CBR, logaritma DCP


References


Mataram, Budi, 2013, Kemacetan Lalu Lintas Penyebab dan Solusinya. https://budimataram.wordpress.com/2013/05/09/kemacetan-lalu-lintas-penyebab-dan-solusinya/, (diakses 9 Mei 2013).

Nugraha, Virta Dwi, 2014, Pemodelan Bangkitan Pergerakan Pada Sekolah Menengah Pertama Swasta di Kota Palembang, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan.

Quintero, Angela, 2016, Trip Generation by Transportation Mode of Private School, Semi Private and Public. Case Study in Merida-Venezuela, Universidad de los Andes, Colombia, Science Direct..

Saputra, Syarif Dwi. 2017. Analisa Karakteristik Perilaku Perjalanan Siswa Sekolaj Menengah Negeri (SMAN) Berbasis Spasial di Kota Makasar. Fakultas Teknik , Universitas Hasanudin, Makasar.

Sillaparcharn, Pattarathep, 2007, Vehicle Ownership and Trip Generation Modelling-A case study of Thailand, Institute for Transport Studies, University of Leeds, Leeds, UK, Science Direct

Sugiyono, 2012, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta

Tamin, Ofyar Z, 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung, Institu Teknologi Bandung.

Wibawa, Bayu A., 2015, Tata Guna Lahan dan Transportasi dalam Pembangunan Berkelanjutan, Fakultas Teknik, Universitas Dipenogoro, Semarang.

Yahya, Robby Gunawan Yahya, 2007, Studi Permodelan Bangkitan Perjalanan di Perkotaan, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher

Department of Civil Engineering

Engineering Faculty

University of Lampung

Website: http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd

Email: jurnal.rekayasa.sdd@gmail.com
 
Copyright (c) JRSDD (Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain)
P-ISSN: 2303-0011 (Print); E-ISSN: 2715-0690 (Online)