ANALISIS EKONOMI TEKNIK INVESTASI PROYEK (STUDI KASUS PADA HOTEL ZODIAK LAMPUNG)

windy putri diwantari, Ika Kustiani, Amril Ma'ruf Siregar

Abstract


Investor yang berinvestasi dalam suatu proyek pasti berharap agar mendapat keuntungan dari investasinya.  Oleh karena itu, sebelum memulai suatu investasi, hendaknya dilakukan suatu studi kelayakan untuk menilai apakah investasi yang akan ditanamkan layak atau tidak.

 

Dalam penelitian ini, kelayakan investasi hotel hanya ditinjau berdasarkan aspek ekonomi teknik.  Parameter yang digunakan untuk meninjau investasi yaitu menggunakan metode Net Present Value (NPV), Benefit to Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP) dan Break Even Point (BEP).

 

Analisis kelayakan proyek ini dibuat dalam 8 (delapan) buah skenario. Setiap skenario memiliki variasi pada tingkat inflasi, faktor kekosongan kamar dan sumber dana.  Hasil analisis kelayakan investasi yang paling menguntungkan adalah skenario pertama, yang mengasumsikan sumber dana investasi berasal dari modal sendiri dengan faktor kekosongan kamar sebesar 25%, tingkat inflasi 10%, tingkat suku bunga 7,5% per tahun dan rate of return sebesar 10%.  Sementara itu, skenario lainnya menunjukkan bahwa setiap skenario tersebut tidak dapat memenuhi satu parameter atau lebih.

 

 

Kata kunci : Studi kelayakan, Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP), Break Even Point (BEP).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011