Study System Drainase di Fakultas Teknik Universitas Lampung

Riko Berli Ardian, Ahmad Zakaria, Gatot Eko Susilo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem drainase yang ada apakah sudah optimal dan bagaimana pula kapasitas saluran yang ada apakah masih memadai atau tidak .

Pada pelaksnaannya dilakukan analisis hidrologi dan hidrolika. Analisis hidrologi menggunakan data curah hujan maksimum setelah itu dilakukan pengukuran dispersi melalui perhitungan parameter statistik. Dilanjutkan dengan pemilihan jenis distribusi untuk  mendapatkan cara mengolah data pengukuran curah hujan rencana dan perhitungan intensitas hujan.  Analissis hidrolika berupa kapasitas debit drainase eksisting, setelah itu di buat sistem dan dimensi yang sesuai.

Hasil penelitian berdasarkan pengukuran dispersi diperoleh distribusi yang cocok adalah Distribusi Log Pearson III dan diperoleh nilai curah hujan rencana untuk kala ulang 2 tahun sebesar 101,7983739 mm  Koefisien pengaliran pada DAS diperoleh sebesar 0,8961 dengan luas DAS 501,32 m2. Nilai debit hujan untuk kala ulang 2 tahun dengan metode rasional diperoleh nilai 2,1172 m3/detik   Nilai Qhujan adalah 2,1172 m3/detik sedangkan nilai Qteoritis adalah 0,0833 m3/detik. Karena Qhujan lebih besar daripada Qteoritis, dapat disimpulkan bahwa saluran drainase eksisting sudah tidak cukup lagi untuk menampung debit banjir yang ada.

 

 

 Kata kunci : drainase, analisis hidrologi , analisis hidrolika , distribusi log
                          pearson III, koefisien pengaliran, debit.


Full Text:

ODT PDF

References


Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. ANDI, Yogyakarta. 384 hlm.

Harto, Sri. 2004. Analisis Hidrologi. Gramedia Pustaka Utama. Yogyakarta

Kodoatie dan Sjarief. 2010. Tata Ruang Air

Departemen Pekerjaan Umum, 1980, Cara Menghitung Design Flood, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta. 51 hlm.

Mulyono. 2011. Evaluasi dan Perencanaan Sistem Drainase yang Berwawasan Lingkungan Kampus Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011