Tinjauan Tundaan Perjalanan Perlintasan Sebidang pada Segmen Jalan Haji Komarudin Menggunakan Metode Gelombang Kejut

M. Arif Yoga Sembada, Sasana Putra, Dwi Herianto, Rahayu Sulistyorini

Abstract


 

Abstrak

Perlintasan sebidang jalan rel kereta api pada segmen ruas Jalan H. Komarudin Bandar Lampung sering menimbulkan kemacetan sehingga menyebabkan tundaan dan panjang antrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai arus, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas yang terjadi di perlintasan sebidang kereta api di Jalan H. Komarudinserta mengetahui besarnya tundaan dengan metode gelombang kejut berdasarkan nilai EKR (Ekuivalen Kendaraan Ringan) yang diperoleh dari metode rasio headway.

Perhitungan nilai gelombang kejut berdasarkan model linier Greenshields. Hasil penelitian pada pengamatan menunjukkan peningkatan waktu tempuh dari 11,86 detik menjadi 17,55 detik akibat adanya antrian kendaraan. Sedangkan Gelombang kejut yang terjadi pada ruas Jalan H. Komarudin akibat antrean perlintasan sebidang jalan rel secara berturut-turut adalah sebagai berikut gelombang kejut maju bentukan (ωda) sebesar 14,41 km/jam; gelombang kejut mundur bentukan (ωab) sebesar -2,22 km/jam; gelombang kejut maju pemulihan (ωdc) sebesar 18,53 km/jam; gelombang kejut mundur pemulihan (ωcb) sebesar -5,24 km/jam; dan gelombang kejut maju pemulihan (ωac) sebesar 9,56 km/jam.

 

Kata Kunci: Tundaan, Gelombang Kejut, Ekuivalensi Kendaraan Ringan (EKR), headway, Model Greenshield, Panjang Antrian.


Full Text:

PDF

References


Julianto, E.N., 2010. Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan

Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil dan

Perencanaan, 12 (2), 151–160.

KPUPR, B., 2004. UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan. Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 38, 1–59.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, 2017, 2017. Peraturan

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor:

SK.2574/AJ.403/DRJD/2017.

PKJI, 2014. Kapasitas Jalan Perkotaan. Kementerian Pekerjaan Umum.

Sumarsono, A., MHM, A., and Noviyanti, I., 2017. Headway (Studi Kasus

Perlintasan Kereta Purwosari Jl. Slamet Riyadi Surakarta), 1242–1257.

Tamin, O.Z., 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut

Teknologi Bandung. ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article