Tinjauan Tundaan Perjalanan Perlintasan Sebidang pada Segmen Jalan Haji Komarudin Menggunakan Metode Gelombang Kejut

Authors

  • M. Arif Yoga Sembada Universitas Lampung
  • Sasana Putra Universitas Lampung
  • Dwi Herianto Universitas Lampung
  • Rahayu Sulistyorini Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i4.2784

Abstract Views: 9507 File Views: 101 File Views: 0

Abstract

 

Abstrak

Perlintasan sebidang jalan rel kereta api pada segmen ruas Jalan H. Komarudin Bandar Lampung sering menimbulkan kemacetan sehingga menyebabkan tundaan dan panjang antrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai arus, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas yang terjadi di perlintasan sebidang kereta api di Jalan H. Komarudinserta mengetahui besarnya tundaan dengan metode gelombang kejut berdasarkan nilai EKR (Ekuivalen Kendaraan Ringan) yang diperoleh dari metode rasio headway.

Perhitungan nilai gelombang kejut berdasarkan model linier Greenshields. Hasil penelitian pada pengamatan menunjukkan peningkatan waktu tempuh dari 11,86 detik menjadi 17,55 detik akibat adanya antrian kendaraan. Sedangkan Gelombang kejut yang terjadi pada ruas Jalan H. Komarudin akibat antrean perlintasan sebidang jalan rel secara berturut-turut adalah sebagai berikut gelombang kejut maju bentukan (ωda) sebesar 14,41 km/jam; gelombang kejut mundur bentukan (ωab) sebesar -2,22 km/jam; gelombang kejut maju pemulihan (ωdc) sebesar 18,53 km/jam; gelombang kejut mundur pemulihan (ωcb) sebesar -5,24 km/jam; dan gelombang kejut maju pemulihan (ωac) sebesar 9,56 km/jam.

 

Kata Kunci: Tundaan, Gelombang Kejut, Ekuivalensi Kendaraan Ringan (EKR), headway, Model Greenshield, Panjang Antrian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Arif Yoga Sembada, Universitas Lampung

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Sasana Putra, Universitas Lampung

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Dwi Herianto, Universitas Lampung

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

Rahayu Sulistyorini, Universitas Lampung

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141

References

Julianto, E.N., 2010. Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan

Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil dan

Perencanaan, 12 (2), 151–160.

KPUPR, B., 2004. UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan. Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 38, 1–59.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, 2017, 2017. Peraturan

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor:

SK.2574/AJ.403/DRJD/2017.

PKJI, 2014. Kapasitas Jalan Perkotaan. Kementerian Pekerjaan Umum.

Sumarsono, A., MHM, A., and Noviyanti, I., 2017. Headway (Studi Kasus

Perlintasan Kereta Purwosari Jl. Slamet Riyadi Surakarta), 1242–1257.

Tamin, O.Z., 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut

Teknologi Bandung. ITB.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Sembada, M. A. Y., Putra, S., Herianto, D., & Sulistyorini, R. (2023). Tinjauan Tundaan Perjalanan Perlintasan Sebidang pada Segmen Jalan Haji Komarudin Menggunakan Metode Gelombang Kejut. Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 10(4), Hal. 527 – 536. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i4.2784

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi Desember 2022