Tinjauan Pengaruh Gelombang Kejut di Pintu Perlintasan Kereta Api pada Kondisi Pintu Terbuka (Studi Kasus Segmen Jalan Urip Sumoharjo-Kimaja)

Authors

  • Sulthan Aditia Primo Universitas Lampung
  • Sasana Putra
  • Rahayu Sulistyorini
  • Aleksander Purba

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i3.2706

Abstract Views: 107 File Views: 71 File Views: 0

Abstract

Penelitian ini berlokasi di persimpangan sebidang perlintasan kereta api pada Jalan Urip Sumoharjo, Bandar Lampung. Gelombang kejut akibat adanya perlintasan ini menyebabkan kendaraan menurunkan kecepatan atau tundaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tundaan dengan pendekatan gelombang kejut berdasarkan nilai ekr (ekivalen kendaraan ringan) yang didapat dari metode rasio headway.

Perhitungan nilai gelombang kejut berdasarkan model linier Greenshields. Berdasarkan analisis rasio headway didapatkan nilai ekivalen kendaraan ringan (ekr) untuk sepeda motor (SM) sebesar 0,60. Hasil penelitian pada pengamatan pagi menunjukkan peningkatan waktu tempuh dari 25,47 detik menjadi 31,29 detik akibat adanya antrian kendaraan. Pada perhitungan diperoleh nilai gelombang kejut maksimum ꞷab = -2,34 km/jam, ꞷcb = -8,48 km/jam, dan ꞷac = 6,99 km/jam dengan panjang antrian 13,5 m dan waktu penormalan 17,03 detik. Sedangkan hasil perhitungan untuk pengamatan sore diperoleh ꞷab = -14,92 km/jam, ꞷcb = -14,46 km/jam, dan ꞷac = 24,40 km/jam dengan panjang antrian 18 m dan waktu penormalan 17,73 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, A.S., Pudjianto, B., and Mujihartono, E., 2002. Pengaruh Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Tundaan dan Panjang Antrian Kendaraan pada Jalan Raya Malang - Surabaya Km.101. PILAR, 11 (2), 88–91.

Habibie, Z., 2010. Pengaruh Median pada Ruas Jalan Limboto – Isimu. RADIAL, 1 (1), 11–15.

Julianto, E.N., 2010. Hubungan Antara Kecepatan, Volume dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 12 (2), 151–160.

Kumalawati, A., Utomo, S., Frans, J.H., and Nasjono, J.K., 2021. Hubungan Volume dan Kecepatan Lalu Lintas Terhadap Kinerja Jalan Ahmad Yani Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil, 10 (2), 139–150.

PKJI, 2014. Kapasitas Jalan Perkotaan. Direktorat Jenderal Bina Marga. Bandung: Kementrian Pekerjaan Umum.

Tamin, O.Z., 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung. Bandung: ITB.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Primo, S. A., Putra, S., Sulistyorini, R., & Purba, A. (2022). Tinjauan Pengaruh Gelombang Kejut di Pintu Perlintasan Kereta Api pada Kondisi Pintu Terbuka (Studi Kasus Segmen Jalan Urip Sumoharjo-Kimaja). Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 10(3), Hal. 479 – 488. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i3.2706

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi September 2022