Karakteristik Uji Marshall Pada Campuran Split Mastic Asphalt (SMA)

Authors

  • arif rahman ra
  • Sasana Putra
  • Rahayu Sulistyorini
  • Dwi Herianto

DOI:

https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i3.2704

Abstract Views: 188 File Views: 320 File Views: 0

Abstract

Di Indonesia banyak jalan yang mengalami kerusakan sebelum umur rencananya tercapai. Kerusakan tersebut diantaranya yaitu jalan yang berlubang, jalan yang mengalami keretakan serta pengelupasan pada permukaan jalan.Salah satu campuran beton aspal yang masih jarang ditemukan pengujiannya yaitu perkerasan jalan yang menggunakan campuran Split Mastic Asphalt (SMA) yang memiliki kandungan agregat kasar dan kadar aspal yang lebih tinggi yang membuat ketahanan geseknya lebih tinggi, lebih tahan terhadap deformasi dan tidak mudah retak.Penelitian ini menggunakan metode analisa perbandingan dari nilai parameter dan karakteristik marshall dari campuran. Membandingkan nilai stabilitas, flow,VIM, VMA, VFA, Dan IKS dengan 2 variasi rendaman selama rendaman normal 30 menit dan 24 jam dari campuran Split MasticAsphalt(SMA) dan campuran AC.Hasil penelitian ini diperoleh nilai stabilitas dan VIM dari campuran SMA yang lebih kecil dibandingkan campuran AC namun didapatkan nilai flow, VMA, dan VFA yang lebih besar yang membuat campuran SMA memiliki keunggulan lebih tahan terhadap deformasi dan ketahanan gesek yang lebih tinggi karena kandungan agregat kasar yang lebih banyak dan lebih awet dan tidak mudah retak karena kandungan kadar aspal yang lebih banyak dibandingkan campuran AC.

Kata kunci : Karakteristik marshall, Perbandingan, SMA (Split Mastic Asphalt), AC (Asphalt Concrete).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd, N.Y., 2020. Karakteristik Marsall Campuran Split Mastic A sphalt ( SMA ) menggunakan Aspal Retona Blend 55 dan Penambahan Serat dari Karung Goni. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, 1, 48 hlm.

Indira.,Marpaung, Alvin.,Setiadji.B.H., S., 2017. Evaluasi Gradasi Agregat Pada Campuran AC-WC. Jurnal Karya Teknik Sipil, 6 (2), 1–11.

Maryoko, T., 2015. Analisis Uji Kuat Tekan Beton Terhadap Gradasi Pasir Pada Beberapa Elemen Sungai Klawing, Purbalingga. Jurusan Teknik Sipil,Universitas Muhmmadyah Purwokerto.

Permana, I.G.B.M., 2015. Analisis Penggunaan Reclaimed Asphalt Pavement ( RAP ) Sebagai Bahan Campuran Aspal Dingin Bergradasi Terbuka Dengan Menggunakan Aspal Emulsi Jenis Kationik. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh November.

Ratih, W.A.W., 2018. Kajian Komparatif Durabilitas Campuran Aspal Beton Menggunakan Bahan Pengikat Yang Berbeda. Skripsi.Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung.

Sukirman, S., 2016. Beton Aspal Campuran Panas. kedua. Bandung: Institut Teknologi Nasional.

Tahir, A., 2011. Kinerja Campuran Split Mastic Asphalt Menggunakan Serat Selulosa Alami Dedak Padi. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Transportasi, 1 (1), 27–41.

Downloads

Additional Files

Published

2022-09-09

How to Cite

ra, arif rahman, Putra, S., Sulistyorini, R., & Herianto, D. (2022). Karakteristik Uji Marshall Pada Campuran Split Mastic Asphalt (SMA). Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, 10(3), Hal. 465 – 478. https://doi.org/10.23960/jrsdd.v10i3.2704

Issue

Section

Makalah Ilmiah Edisi September 2022