Studi Hubungan Pengembangan (Swelling) dengan Tebal Perkerasan pada Subgrade Jalan Yang Dicampur dengan Material Pasir
DOI:
https://doi.org/10.23960/jrsdd.v8i2.1319Abstract Views: 105 File Views: 58 File Views: 0 File Views: 0 File Views: 0 File Views: 0
Abstract
Tanah lempung dengan plastisitas tinggi, kohesifitas yang besar berakibat fluktuasi kembang susut yang relatif besar. Hal ini yang menyebabkan kondisi jalan yang dibangun diatas tanah lempung sering kali mengalami kerusakan. Untuk mengatasi masalah tanah tersebut, dalam merencanakan bangunan teknik sipil di Indonesia memerlukan beberapa perlakuan untuk membuat tanah menjadi lebih stabil. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan perbaikan tanah dengan cara memperbaiki gradasinya yaitu mencampur lempung (tanah asli) dengan pasir (gradasi lebih besar). Sampel tanah yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Ruas Jalan R.A.Basyid, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada STA 3+100 dan variasi pasir yang digunakan yaitu 0, 5, 10 dan 15 % dari berat tanah. Adapun pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian CBR dari efek pegembangan tanah, lalu dilakukan perhitungan tebal perkerasan dengan metode analisa komponen SKBI 2.3.26.1987. Pada penelitian inisampel tanah yang digunakan termasuk kelompok A-7-6atau jenis tanah yang buruk. Setelah penambahan variasi pasir, batas plastis tanah tersebut meningkat sedangkan batas cair dan indeks plastisitas menurun, hal ini mengakibatkan pengembangan tanah terjadi penurunan pada 15% kapur yaitu dari 0,65% menjadi 0,15%, sedangkan nilai CBR mengalami peningkatan yang signifikan pada pasir 15% yaitu dari 2,0% menjadi 25,4%. Dengan hal ini tebal lapis menjadi lebih tipis, pada 0% kapur yaitu tebal D1=7,5 cm, D2=25 cm dan D3=44 cm, sedangkan pada 15% kapur tebal D1=5 cm, D2=18 cm dan D3 tidak digunakan.
Kata kunci : CBR, Pengembangan Tanah, Tebal Perkerasan, Stabilisasi, Pa
Downloads
Downloads
Additional Files
- STUDI HUBUNGAN PENGEMBANGAN ( SWELLING ) DENGAN TEBAL PERKERASAN PADA SUBGRADE JALAN YANG DICAMPUR DENGAN MATERIAL PASIR
- STUDI HUBUNGAN PENGEMBANGAN (SWELLING) DENGAN TEBAL PERKERASAN PADA SUBGRADE JALAN YANG DICAMPUR DENGAN MATERIAL PASIR
- STUDI HUBUNGAN PENGEMBANGAN (SWELLING) DENGAN TEBAL PERKERASAN PADA SUBGRADE JALAN YANG DICAMPUR DENGAN MATERIAL PASIR
- STUDI HUBUNGAN PENGEMBANGAN (SWELLING) DENGAN TEBAL PERKERASAN PADA SUBGRADE JALAN YANG DICAMPUR DENGAN MATERIAL PASIR
Published
How to Cite
Issue
Section
License

JRSDD is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.