Analisis Kebutuhan Parkir Di Kampus Universitas Lampung Studi Kasus : (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum)

Viktor Irawan, Rahayu Sulistyorini, Dwi Heriyanto

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir ini pertumbuhan kendaraan semakin meningkat, ini menyebabkan harus di pertimbangkan penyediaan dan pengaturan fasilitas parkir. Umumnya di wilayah kampus kebutuhan terhadap ruang parkir cukup besar mengingat kebanyakan para mahasiswa, dosen, dan karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kapasitas dan kebutuhan ruang parkir di Unila, khususnya di FEB, FISIP, FH.

 

Dari hasil analisis, FEB yaitu kebutuhan parkir sebesar 67 petak parkir untuk kendaraan mobil dan 343 petak parkir untuk kendaraan motor, dengan durasi parkir rata-rata 175 menit kendaraan mobil dan 109 menit kendaraan motor, dengan indeks parkir 103% kendaraan mobil dan 114% kendaraan motor. FISIP yaitu kebutuhan parkir sebesar 72 petak parkir untuk kendaraan mobil dan 293 petak parkir untuk kendaraan sepeda motor, dengan durasi parkir rata-rata 163 menit kendaraan mobil dan 124 menit kendaraan motor, dengan indeks parkir 156% kendaraan mobil dan 187% kendaraan motor. FH yaitu kebutuhan parkir sebesar 76 petak parkir untuk kendaraan mobil dan 153 petak parkir untuk kendaraan sepeda motor, dengan durasi parkir rata-rata 149 menit kendaraan mobil dan 145 menit kendaraan motor, dengan indeks parkir di atas 146% kendaraan mobil dan 96% kendaraan motor.


Full Text:

odt PDF

References


______ _1996. Pedoman Teknis Penyelenggara Fasilitas Parkir. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Universitas Lampung, 2012, Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Penerbit Universitas Lampung. Bandar Lampung. 60 halaman.

Hoobs, F.D.1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Diterjemahkan oleh Suprapto TM dan Waldijino. Gajah Mada University Press. Yogyakarta. Hal 222 – 226.

Maulana Rendri Yuda, 2015. Studi Optimalisasi Perparkiran di Fakultas

Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP)Universitas Lampung. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

Morlok, Edward.K. 1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Nawawi, Sherly Novita Sari, 2015. Studi Optimalisasi Perparkiran di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

Sudjana, 1992. Metode Statika. Edisi ke-5. Tarsito. Bandung. 507 halaman. Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan Dan Permodelan Transportasi. Penerbit ITB. Bandung.

Rolan Ardeka Putra, 2015. Studi Optimalisasi Perparkiran di Fakultas

Kedokteran Serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

Warpani, Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Pengangkutan. Institut Teknologi Bandung. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher

Department of Civil Engineering

Engineering Faculty

University of Lampung

Website: http://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jrsdd

Email: jurnal.rekayasa.sdd@gmail.com
 
Copyright (c) JRSDD (Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain)
P-ISSN: 2303-0011 (Print); E-ISSN: 2715-0690 (Online)