Aplikasi Tekanan Pada Roda Kendaraan Alat Berat di Lapangan untuk Proses Pemadatan Tanah terhadap Daya Dukung Lapisan Tanah Dasar (Subgrade)

tessya febrania, Setyanto Setyanto, Rahayu Sulistyorini

Abstract


Daya dukung tanah dasar/subgrade pada konstruksi jalan sangat menentukan, nilai daya dukung tanah dinyatakan dengan nilai California Bearing Rasio (CBR). Pada penelitian ini membahas mengenai aplikasi tekanan pada roda kendaraan alat berat di lapangan untuk proses pemadatan tanah terhadap daya dukung lapisan tanah dasar (subgrade).

Sampel tanah yang digunakan pada pengujian ini berasal dari daerah Tirtayasa, Kec. Sukabumi, Bandar Lampung. Pengujian sampel menggunakan alat tekan modifikasi sebanyak delapan belas sampel untuk pemadatan standar, tekanan yang digunakan dalam pengujian sebesar 2,7 MPa, 7 MPa dan 8,4 Mpa.

Hasil pengujian di laboratorium sampel tanah digolongkan sebagai kelompok tanah A-2-7 yaitu tanah berlempung. Nilai CBR tanpa rendaman dari pengujian pemadatan tanah menggunakan standard proctor sebesar 2,7%, sedangkan untuk nilai CBR rendaman sebesar 2%. Nilai CBR tanpa rendaman dari pengujian pemadatan tanah dengan metode tekanan pada masing-masing tekan sebesar 3,9%, 5,4% dan 5,8%, sedangkan untuk kondisi rendaman didapatkan nilai CBR sebesar 0,25%, 1,57% dan 1,83%. Nilai CBR mengalami peningkatan seiring bertambahnya tekanan yang diberikan pada sampel.

Kata kunci: Alat tekan modifikasi, alat berat, Standard Proctor, California Bearing Rasio (CBR), pasir berlempung.


Full Text:

odt PDF

References


Bina Marga, 2010, Spesifikasi Umum Seksi 3.2 Timbunan, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Das, B.M., 1995, Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid I, Erlangga, Jakarta.

Hardiyatmo, H.C., 2002, Mekanika Tanah 1 Edisi 3, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hidayatulloh, Azwarman, 2018, Menentukan Perbandingan Derajat Kepadatan Tanah Menggunakan Alat Uji Tekan Modifikasi Metode Standar dengan Alat Uji Standard Proctor, Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

SNI 1744, 2012, Metode Uji CBR Laboratorium, Badan Standarisasi Nasional, 32 hlm.

Soedarmo, G.D., Purnomo, S. J. E., 1993, Mekanika Tanah 1, Kanisius, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011