Aplikasi Alat Uji Tekan Modifikasi Metoda Tekanan (PRESSURE Method) Terhadap Daya Dukung Tanah Dasar (SUBGRADE) Berdasarkan Modified Proctor Method

Indah Mahesa, Setyanto setyanto, Yohanes Martono Hadi

Abstract


 

Abstrak

Seiring dengan kemajuan teknologi infrastruktur , maka teknologi pembangunan infrastruktur semakin berkembang. Tanah memegang peranan penting dalam pembangunan infrastruktur yang baik. Untuk mengetahui tanah timbunan yang baik, dapat dilihat dari pengujian CBR. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui kesesuaian hasil nilai uji CBR metode tumbukan dengan metode tekanan modified proctor di laboratorium dengan alat tekan pemadat modifikasi.

 

Sampel tanah yang digunakan berasal dari daerah Tirtayasa, Kec. Sukabumi Bandar Lampung, terdiri dari enam sampel untuk pengujian standar di laboratorium dan dua belas sampel untuk pengujian alat tekan pemadat modifikasi.

 

Hasil penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa berat volume maksimum (γdmaks) sebesar 1,77 gr/cm3. Pada pengujian di laboratorium didapatkan nilai CBR tanpa rendaman sebesar 9% dan rendaman sebesar 2,7%. Sedangkan CBR tanpa rendaman menggunakan alat tekan modifikasi didapatkan nilai CBR sebesar 9,6% pada tekanan 5 Mpa, 10,4% tekanan 10 Mpa, dan 11% tekanan 15 Mpa dan pengujian rendaman didapatkan nilai CBR sebesar 1,7% pada tekanan 5 Mpa, 2% pada 10 Mpa, dan 4,5% pada 15 Mpa. Berdasarkan hasil pengujian, alat modifikasi menghasilkan nilai CBR yang lebih besar dibandingkan dengan pengujian CBR metode standar.

 

Katakunci:Modified Proctor, Alat Tekan Pemadat Modifikasi, Pemadatan, CBR


Full Text:

odt PDF

References


Craig, R.F., 1994, Mekanika Tanah, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Das, Braja. M., 1995, Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid

II, Erlangga, Jakarta.

Terzaghi, K., Peck, R. B., 1987, Mekanika Tanah Dalam Praktek Rekayasa.,

Penerbit Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011