Studi Eksperimental Perkuatan Balok Beton Bertulang dengan Wiremesh dan GFRP

Dedi Vernanda, fikri alami, mohd isneini

Abstract


Balok beton bertulang adalah elemen struktur yang dapat mengalami kerusakan dan kegagalan akibat momen lentur. Kerusakan pada elemen ini dapat diperbaiki dengan perkuatan yang salah satunya adalah menggunakan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Penelitian ini membahas perkuatan elemen balok dengan menggunakan perkuatan hybrid yaitu gabungan antara FRP dan wiremesh yang diikat dengan lem epoxy resin. Balok mempunyai bentang diantara dua tumpuan sederhana 1,5 m, lebar dan tinggi 15 cm. Balok diuji dengan dua beban titik secara bertahap dari nol sampai dengan runtuh. Balok yang diuji ada 6 buah, 2 buah balok tanpa perkuatan, 4 buah balok dengan perkuatan 2 lapis GFRP dan 2 lapis wiremesh.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa balok dengan perkuatan mampu meningkatkan kapasitas beban sampai dengan 200% dibandingkan balok tanpa perkuatan. Beban retak awal (Pcr) balok dengan perkuatan juga meningkat 100% dibandingkan dengan balok tanpa perkuatan. Namun, balok tanpa perkuatan lebih daktail dibandingkan dengan balok dengan perkuatan.


Full Text:

odt PDF

References


Alami, Fikri, 2010, Perkuatan Lentur Balok Beton Bertulang dengan Glass Fiber Reinforce Polymer (GFRP), Seminar dan Pameran HAKI, Jakarta.

Amiruddin, A. A., 2014, Metode Retrofit dengan Wiremesh dan Scc Untuk Peningkatan Kekuatan Lentur Balok Beton Bertulang 1, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Hasanuddin, Makasar.

Basuki, Ariyadi, 2005, Sistem Penguatan Struktur Beton Menggunakan Serat Polimer (Fiber Reinforced Polimer), Berita Teknologi Bahan dan Barang Teknik, No. 19, Bandung.

Gangarao, Hota, V. S., Narendra, T. P. V., Vijay, 2006, Reinforced Concrete Design With FRP Composites, CRC Press, London.

SNI 2847, 2013, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung, Standar Nasional Indonesia, Bandung.

US Army, 2002, Composite Materials Handbook Volume 3, Polymer Matrix Composites Materials Usage, Design, And Analysis, Research Laboratory, Department of Defense Handbook MIL-HDBK-17-3F, USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011