Evaluasi Tarif Bus Rapid Transit (BRT) Bandar Lampung Rute Rajabasa-Panjang Berdasarkan Ability To Pay (ATP)

evi renitasari, Sasana Putra, Rahayu Sulistyorini

Abstract


Abstrak

Tarif merupakan salah satu faktor pemilihan moda angkutan transportasi. Pada BusRapid Transit Bandar Lampung rute layanan Rajabasa-Panjang  karena faktor pengguna BRT salah satunya adalah tarif. Faktor lain penguna BRT tersebut adalah masyarakat yang beragam seperti, pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, ibu rumah tangga, wiraswasta/wirausaha dan lain-lain.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi tarif BRT berdasarkan ATP pengguna BRT dengan alokasi biaya untuk penggunaan BRT/bulan berbanding dengan frekuensi penggunaan BRT/bln. Hasil dari penelitian yaitu kemampuan responden BRT BandarLampungRute Rajabasa-Panjang membayar jasa untuk masyarakat umum berpendapatan yaitu sebesar Rp9.3250,00dan untuk pelajar/mahasiswa sebesar Rp5.0910,00. Hal tersebut menunjukan bahwa untuk masyarakat umum tidak keberatan atau tidak masalah dengan tarif yang ditetapkan pemerintah, namun untuk pelajar/mahasiswa kemampuan dalam membayar BRT lebih rendah, sehingga perlu adanya kebijakan atau subsidi untuk pelajar/mahasiswa.

Kata kunci : ability to pay, analitycal hierarchy process, Bus Rapid Transit, willingness to pay.

 


Full Text:

odt PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Damanik, Jhon Wesley, 2008, Studi Penentuan Tarif Bus Damri Berdasarkan Kemampuan (ability to pay) dan Kemauan membayar (willingness to pay) Penumpang di Bandar Lampung, Skripsi S1, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Lestari, Maharranisa Widi, 2016, Analisa Kelayakan Tarif Batik Solo Trans (BST) Ditinjau Dari Ability To Pay Dan Willingness To Pay, Skripsi S1, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah.

Undang-Undang No. 22, 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang- Undang RI, Jakarta.

Tamin, O. Z., 1999, Evaluasi Angkutan Umum dan Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) di DKI Jakarta, Jurnal Transportasi, Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT), Vol.1, No.2, h.121-139, Institut Teknologi Bandung, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2303-0011